Hapsari, Tia (2012) PERANCANGAN GAME TRADISIONAL DARI KALIMANTAN “BALOGO” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.21.0486 Tia Hapsari.zip Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Permainan merupakan salah satu cara yang dari dulu digunakan untuk menghilangkan kejenuhan atau sarana yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia akan hiburan. Dengan kata lain permainan berguna untuk refreshing dan menghilangkan ketegangan setelah melakukan rutinitas. Permainan tradisional adalah permainan dari suatu daerah yang menjadi ciri khas daerah tersebut yang dimainkan oleh masyarakat dan relatif mulai dilupakan karena adanya game-game elektronik yang lebih modern. Permainan tradisional juga dikenal sebagai permainan rakyat, merupakan sebuah kegiatan rekreatif yang tidak hanya bertujuan untuk menghibur diri, tetapi juga sebagai alat untuk memelihara hubungan dan kenyamanan sosial. Game “Balogo” adalah salah satu jenis permainan tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. “Balogo” diambil dari kata “logo”, karena permainan itu menggunakan “logo”, yaitu tempurung kelapa yang direkatkan dengan bahan aspal dengan bentuk yang bermacam-macam. Game ini merupakan game tradisional, dimana pemain diharuskan memecahkan “logo” yang terpasang. Opening yang dimunculkan pada game dibuat menarik. Dalam penyajian proses bermain game ini, terdapat empat level, dengan jumlah “logo” berbeda pada tiap level. Dalam tiap level dibatasi oleh waktu, dan juga terdapat hasil score dari tiap “logo” yang berhasil dipecahkan, dimana setiap logo yang berhasil dipecahkan bernilai 100. Penyajian musik pada game diberikan agar para pemain tidak merasakan kejenuhan dalam bermain dalam jangka waktu yang lama. Game tradisional “Balogo” dibuat dengan menggunakan Unity Game Engine. Dan untuk Game Object di buat dengan Blender 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, game tradisional, Kalimantan, balogo , Unity Game Engine. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Jun 2023 02:37 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 03:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19521 |
Actions (login required)
View Item |