PERANCANGAN GAME TRADISIONAL DARI KALIMANTAN “BALOGO” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY

Hapsari, Tia (2012) PERANCANGAN GAME TRADISIONAL DARI KALIMANTAN “BALOGO” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.21.0486 Tia Hapsari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Permainan merupakan salah satu cara yang dari dulu digunakan untuk menghilangkan kejenuhan atau sarana yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia akan hiburan. Dengan kata lain permainan berguna untuk refreshing dan menghilangkan ketegangan setelah melakukan rutinitas. Permainan tradisional adalah permainan dari suatu daerah yang menjadi ciri khas daerah tersebut yang dimainkan oleh masyarakat dan relatif mulai dilupakan karena adanya game-game elektronik yang lebih modern. Permainan tradisional juga dikenal sebagai permainan rakyat, merupakan sebuah kegiatan rekreatif yang tidak hanya bertujuan untuk menghibur diri, tetapi juga sebagai alat untuk memelihara hubungan dan kenyamanan sosial. Game “Balogo” adalah salah satu jenis permainan tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. “Balogo” diambil dari kata “logo”, karena permainan itu menggunakan “logo”, yaitu tempurung kelapa yang direkatkan dengan bahan aspal dengan bentuk yang bermacam-macam. Game ini merupakan game tradisional, dimana pemain diharuskan memecahkan “logo” yang terpasang. Opening yang dimunculkan pada game dibuat menarik. Dalam penyajian proses bermain game ini, terdapat empat level, dengan jumlah “logo” berbeda pada tiap level. Dalam tiap level dibatasi oleh waktu, dan juga terdapat hasil score dari tiap “logo” yang berhasil dipecahkan, dimana setiap logo yang berhasil dipecahkan bernilai 100. Penyajian musik pada game diberikan agar para pemain tidak merasakan kejenuhan dalam bermain dalam jangka waktu yang lama. Game tradisional “Balogo” dibuat dengan menggunakan Unity Game Engine. Dan untuk Game Object di buat dengan Blender 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Game, game tradisional, Kalimantan, balogo , Unity Game Engine.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:37
Last Modified: 16 Nov 2023 03:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item