Umar, Rizki (2011) PEMBUATAN VIDEO KLIP LAGU “FANTASY” SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK CROSS BAND YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2439 Rizki Umar.avi Restricted to Repository staff only Download (633MB) |
Abstract
Industri musik merupakan salah satu dari bagian dunia entertainment yang sangat pesat perkembangannya. Banyaknya band – band baru yang bermunculan membuat persaingan antara mereka sangat ketat. Dipersulit lagi dengan dibutuhkannya biaya yang besar untuk bisa menjadi band yang berada dibawah naungan sebuah major label. Oleh sebab itu, banyak band – band lokal yang lebih memilih bermusik di jalur indie agar mereka tetap bisa dikenal tanpa harus mengeluarkan banyak biaya yang sulit mereka jangkau. Namun, tidak dapat dipungkiri pula bahwa promosi merupakan strategi jitu yang dibutuhkan oleh sebua band untuk memperkenalkan karya mereka. Salah satu media promosi yang telah banyak digunakan dan terbukti cukup efektif adalah video klip. Sebagai sebuah media promosi, video klip adalah suatu media yang dianggap efektif untuk memperkenalkan sebuah grup musik kepada khalayak musik, atau juga dapat menjadi suatu media untuk mempopulerkan sebuah lagu yang menjadi hits (lagu yang menjadi andalan dari sebuah album). Cross Band merupakan salah satu band indie Jogja yang memiliki potensi dalam berkarya di industri musik Indonesia. Sebagai Band yang ingin menjadi profesional, Cross band telah berupaya melakukan beberapa cara berpromosi agar karya mereka bisa dikenal dan dinikmati oleh masyarakat luas, mulai dari mencari celah agar dapat menunjukkan aksi panggung mereka di setiap event yang ada di kota masing – masing, mengirimkan demo lagu di radio – radio lokal, hingga memproduksi media promosi seperti stiker, pin dan poster. Namun dari beberapa cara berpromosi yang telah dilakukan, menimbulkan pertanyaan apakah cara berpromosi yang sudah dilakukan tersebut sudah mencapai gol yang diinginkan? Untuk itu penulis berusaha membuat sebuah sistem berbasiskan multimedia yang dapat digunakan oleh Cross band untuk mempromosikan karya mereka dengan cara yang efektif, yaitu dengan membuatkan Cross band sebuah video klip. Video klip ini dirancang untuk mempromosikan salah satu lagu yang akan menjadi hits single di labum pertama Cross band. Dengan dibuatnya video klip ini, diharapkan informasi yang terkandung yang terkandung didalam video klip tersebut baik tentang profile Cross band maupun tentang makna lagunya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video Klip, Sistem Multimedia, Media Promosi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 May 2023 03:18 | ||
Last Modified: | 03 Oct 2023 04:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19203 |
Actions (login required)
View Item |