PEMBUATAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI “ ZEBRA WANNABE” MENGGUNAKAN TEKNIK TWEENING ANIMATION

-, Subektiningsih (2012) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI “ ZEBRA WANNABE” MENGGUNAKAN TEKNIK TWEENING ANIMATION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Film digunakan untuk mengemukakan suatu ide, pendapat, maupun gagasan. Selain itu film merupakan media efektif untuk mengkomunikasikan suatu pesan. Terdapat berbagai bentuk film, salah satunya adalah film animasi kartun dengan berbagai tokoh dan karakter. Perkembangan teknik film animasi diawali dengan pembuatan secara manual. Dengan waktu pembuatan yang relatif lama. Namun dalam perkembangan era modern ini film animasi dapat diproduksi secara digital. Menggunakan software yang ada sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan dan menghasilkan film kartun yang lebih baik. Menciptakan film animasi 2 dimensi yang berjudul “Zebra WannaBe” dengan teknik tweening animation untuk menciptakan animasi dengan lebih cepat. Menggunakan tokoh binatang dalam kehidupan nyata yang direpresentasikan dalam karakter lucu disebuah film kartun. Dengan tujuan menyampaikan pesan yang terkandung dalam film tersebut. Bahwa setiap individu itu mempunyai keragaman masing-masing. Teknik tweening animation yang digunakan dalam pembuatan film tersebut adalah classic tween, motion tween, dan motion guide. Software yang digunakan adalah Adobe Flash CS6. Penggunaan teknik tweening animation sangat membantu dalam melakukan pergerakan objek dalam film “Zebra WannaBe”. Karena tidak perlu membuat animasi objek setiap framenya. Namun cukup menentukan keyframe antar frame dan selanjutnya komputer yang akan membuat pergerakan antar keyframe tersebut. Dalam hal ini yang bertindak sebagai inbetweener adalah komputer. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan film ini sekitar dua bulan. Diharapkan film 2 dimensi yang dihasilkan dapat dinikmati oleh masyarakat dan dapat diambil pesan yang terkandung dalam film tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: film animasi, animasi 2 dimensi, film kartun, film animasi 2D, zebra Wannabe, teknik tweening animation, motion tween, motion guide, classic tween.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 May 2023 06:44
Last Modified: 14 Nov 2023 03:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item