PEMBUATAN FILM ANIMASI KARTUN “PEDANG 3 NAGA” MENGGUNAKAN METODE PLANNED ANIMATION

Letuna, Marianus Trivio (2012) PEMBUATAN FILM ANIMASI KARTUN “PEDANG 3 NAGA” MENGGUNAKAN METODE PLANNED ANIMATION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Source Code_04.11.0609 Marianus Trivio Letuna.avi
Restricted to Repository staff only

Download (523MB)

Abstract

Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang dapat menyajikan gambar bergerak hasil rekaman kegiatan makhluk hidup, manusia atau hewan. Dibandingkan dengan gambar foto yang diam atau tidak bergerak, animasi lebih disukai karena dapat membangkitkan antusiasme dan emosi penonton. Hampir semua media seperti televisi, film, komputer sudah menggunakan teknik-teknik animasi. Perancangan Film Kartun “PEDANG 3 NAGA” dengan menggunakan Metode Planned animation. Planned animation, yaitu teknik pembuatan film kartun 2D yang menggunakan gerakan yang sama pada adegan yang bebeda. Secara garis besar metode ini melalui beberapa tahapan proses yang harus dilewati, yaitu: persiapan kebutuhan dasar berupa peralatan dan sumber daya manusia, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Penulis memilih menggunakan metode Planned Animation dibandingkan metode yang lain karena lebih menghemat waktu pengerjaan. Penulis merasa prospek animasi di Indonesia mempunyai peluang yang besar untuk berkembang, karena animasi adalah informasi kreatif yang sangat banyak membutuhkan tenaga kerja dan tentunya hal ini bukan masalah buat Indonesia. Selain itu keragaman dan kekayaan budaya Indonesia sebagai nilai tambah untuk diangkat sebagai cerita animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, M. Suyanto
Uncontrolled Keywords: Planned Animation, Capture, Animasi 2D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 May 2023 02:27
Last Modified: 16 Nov 2023 07:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item