SENTIMEN ANALISIS PROVIDER BY.U BERDASARKAN OPINI DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Erz, Thio Tangkas Kalyjaga (2021) SENTIMEN ANALISIS PROVIDER BY.U BERDASARKAN OPINI DI MEDIA SOSIAL TWITTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17111360-Thio Tangkas K Erz - Thio Tangkas Kalyjaga Erz.zip
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17111360-Thio Tangkas K Erz - Thio Tangkas Kalyjaga Erz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)

Abstract

Industry 4.0 merupakan industri yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi, salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat adalah teknologi informasi, dengan media sosial sebagai salah satu contohnya, Twitter adalah salah satu media penyebaran informasi, mulai dari berita, kritik, opini dengan data yang berlimpah. Sehingga memudahkan untuk melakukan Analisa terhadap suatu produk atau jasa. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai sentimen analisis terhadap provider by.u menggunakan metode multinomial naïve bayes. Penelitian ini menggunakan dataset yang berasal dari twitter dengan jumlah data yang digunakan berjumlah 1050 data. Dari data yang diapat akan dilakukan preprocessing terlebih dahulu agar data siap digunakan untuk mengetahui apakah metode multinomial naïve bayes dapat digunakan untuk melakukan sentiment analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tingkat akurasi yang dihasilkan metode Multinomial naïve bayes mencapai 79% dengan perbandingan dataset 840 data latih dan 210 data uji. Dari hasil akurasi tersebut Multinomial naïve bayes dapat digunakan dalam melakukan sentimen analisis dengan hasil yang cukup baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adi, Sumarni
Uncontrolled Keywords: Sentimen analisis, Multinomial Naïve Bayes, Twitter, By.U., Sentiment Analysis
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:53
Last Modified: 15 Aug 2023 02:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item