Dewi, Sindy Luxziana (2021) MENGENALKAN NEGARA-NEGARA DI ASEAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1111-Sindy Luxziana Dewi - Sindy Luxziana Dewi.rar Restricted to Repository staff only Download (137MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1111-Sindy Luxziana Dewi - Sindy Luxziana Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
Abstract
Pada masa ini teknologi augmented reality semakin berkembang pesat. Augmented Reality adalah teknologi menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan bendabenda maya tersebut secara realtime. Augmented reality dapat dikembangkan dalam bidang Pendidikan sebagai alat untuk membantu dan meingkatkan minat belajar anak. Pada kali ini peneliti akan mengimplementasikan augemented Reality untuk pengenalan negara-negara di ASEAN. Implementasi ini dengan cara memasukkan teknologi augmented reality dengan memproyeksikan ke arah marker gambar bendera masing-masing negara yang setelah itu akan menampilkan informasi tentang negara tersebut. Peneliti menggunakan metode perancangan UML (Unifield Modeling Language) dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak versi Luther. Tujuan dari implementasi augmented reality berbasis android ini adalah untuk memudahkan dan meningkatkan minat anak dalam mengenal 10 negara di ASEAN. Penulis akan menyediakan 10 objek yang berupa gambar bendera masing-masing negara yang nantinya akan member informasi negara berupa objek 3D, keterangan, dan narasi suara. Augmented reality ini akan berjalan dengan baik dengan mengarahkan kemera smartphone ke marker dan mudah digunakan oleh anak-anak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, android, smartphone, 3D Objek, Marker, ASEAN | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Jun 2022 02:14 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |