MENGENALKAN NEGARA-NEGARA DI ASEAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Dewi, Sindy Luxziana (2021) MENGENALKAN NEGARA-NEGARA DI ASEAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (577kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1111-Sindy Luxziana Dewi - Sindy Luxziana Dewi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (137MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1111-Sindy Luxziana Dewi - Sindy Luxziana Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)

Abstract

Pada masa ini teknologi augmented reality semakin berkembang pesat. Augmented Reality adalah teknologi menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan bendabenda maya tersebut secara realtime. Augmented reality dapat dikembangkan dalam bidang Pendidikan sebagai alat untuk membantu dan meingkatkan minat belajar anak. Pada kali ini peneliti akan mengimplementasikan augemented Reality untuk pengenalan negara-negara di ASEAN. Implementasi ini dengan cara memasukkan teknologi augmented reality dengan memproyeksikan ke arah marker gambar bendera masing-masing negara yang setelah itu akan menampilkan informasi tentang negara tersebut. Peneliti menggunakan metode perancangan UML (Unifield Modeling Language) dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak versi Luther. Tujuan dari implementasi augmented reality berbasis android ini adalah untuk memudahkan dan meningkatkan minat anak dalam mengenal 10 negara di ASEAN. Penulis akan menyediakan 10 objek yang berupa gambar bendera masing-masing negara yang nantinya akan member informasi negara berupa objek 3D, keterangan, dan narasi suara. Augmented reality ini akan berjalan dengan baik dengan mengarahkan kemera smartphone ke marker dan mudah digunakan oleh anak-anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Maulina, Dina
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, android, smartphone, 3D Objek, Marker, ASEAN
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:14
Last Modified: 15 Aug 2023 01:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item