-, Hartono (2010) RANCANG BANGUN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT MATA “Dr. YAP” YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (470kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.21.0417 Hartono.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada era persaingan global saat ini pelanggan merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Karena itu mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan pada pelanggan serta menjalin hubungan yang lebih baik antara produsen – konsumen sudah menjadi sebuah keharusan. Dalam dunia perumahsakitan, paradigma diatas masih belum disadari betul oleh para pengelola rumah sakit. Untuk mengubah pandangan tentang nilai pelanggan bagi rumah sakit membutuhkan adanya perubahan budaya didalam organisasi. Pemanfaatan teknologi informasi juga merupakan faktor yang dapat membantu kegiatan pelayanan, penjualan dan pemasaran rumah sakit. Dengan memadukan konsep Customer Relationship Management dan konsep pelayanan pelanggan yang baik, penelitian ini berguna untuk membantu sebuah rumah sakit mata dalam menciptakan sebuah sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis eCRM. Peneliti menggunakan pendekatan sistem Development life cycle dalam pengembangan sistem informasi berbasis e-CRM yaitu dengan melakukan identifikasi pelanggan RSMA menentukan saluran komunikasi yang sesuai dalam hal ini adalah internet, membentuk pusat informasi pelayanan pelanggan, dan membangun personal CRM. Aplikasi reservasi online dan customer service online merupakan bagian dari sistem informasi pelayanan pelanggan RSMA yang dapat membantu Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta dalam mengidentifikasi pelanggan, melakukan retensi pelanggan, dan memberikan layanan pelanggan yang just in time. Disarankan agar RSMA memiliki personil khusus dengan background IT yang akan mengelola website Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta secara berkesinambungan. Selain itu, yang terpenting adalah bahwa RSMA membutuhkan perubahan paradigma dan budaya perusahaan dalam melayani pelanggan karena CRM berbasis internet menghendaki respon yang cepat dari seluruh personil RSMA sehingga pada akhirnya akan tercipta kepuasan pelanggan yang nyata.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | customer relationship management, CRM, RSMA | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 May 2023 07:50 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18737 |
Actions (login required)
View Item |