RANCANG BANGUN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT MATA “Dr. YAP” YOGYAKARTA

-, Hartono (2010) RANCANG BANGUN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT MATA “Dr. YAP” YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.21.0417 Hartono.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada era persaingan global saat ini pelanggan merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Karena itu mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan pada pelanggan serta menjalin hubungan yang lebih baik antara produsen – konsumen sudah menjadi sebuah keharusan. Dalam dunia perumahsakitan, paradigma diatas masih belum disadari betul oleh para pengelola rumah sakit. Untuk mengubah pandangan tentang nilai pelanggan bagi rumah sakit membutuhkan adanya perubahan budaya didalam organisasi. Pemanfaatan teknologi informasi juga merupakan faktor yang dapat membantu kegiatan pelayanan, penjualan dan pemasaran rumah sakit. Dengan memadukan konsep Customer Relationship Management dan konsep pelayanan pelanggan yang baik, penelitian ini berguna untuk membantu sebuah rumah sakit mata dalam menciptakan sebuah sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis eCRM. Peneliti menggunakan pendekatan sistem Development life cycle dalam pengembangan sistem informasi berbasis e-CRM yaitu dengan melakukan identifikasi pelanggan RSMA menentukan saluran komunikasi yang sesuai dalam hal ini adalah internet, membentuk pusat informasi pelayanan pelanggan, dan membangun personal CRM. Aplikasi reservasi online dan customer service online merupakan bagian dari sistem informasi pelayanan pelanggan RSMA yang dapat membantu Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta dalam mengidentifikasi pelanggan, melakukan retensi pelanggan, dan memberikan layanan pelanggan yang just in time. Disarankan agar RSMA memiliki personil khusus dengan background IT yang akan mengelola website Rumah Sakit Mata "Dr.YAP" Yogyakarta secara berkesinambungan. Selain itu, yang terpenting adalah bahwa RSMA membutuhkan perubahan paradigma dan budaya perusahaan dalam melayani pelanggan karena CRM berbasis internet menghendaki respon yang cepat dari seluruh personil RSMA sehingga pada akhirnya akan tercipta kepuasan pelanggan yang nyata.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Arief, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, CRM, RSMA
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 May 2023 07:50
Last Modified: 21 Nov 2023 03:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

View Item View Item