REPRESENTASI PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN GOJEK VERSI “ BANGUN LAGI, BALI”

Hermawan, Kadek (2023) REPRESENTASI PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN GOJEK VERSI “ BANGUN LAGI, BALI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1185 Kadek Hermawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)

Abstract

Saat ini, dunia periklanan semakin modern dan kreatif membuat YouTube kini menjadi media yang paling diminati untuk sarana beriklan karena jangkauannya sangat luas. Sarana ini pula dimanfaatkan oleh pengiklan seperti perusahaan transportasi jasa online untuk beriklan di YouTube seperti iklan Gojek versi “Bangun Lagi, Bali”. Dengan mengangkat tema mengenai isu fenomena sosial keterpurukan dampak dari pandemi Covid-19, iklan tersebut diharap mampu memberikan pesan motivasi kepada khalayak penonton. Namun iklan seringkali menggunakan simbol dan tanda dalam memaparkan pesan yang terkandung didalamnya. Terkait hal tersebut tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan representasi pesan motivasi yang terkandung di dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Pierce dan teori Representasi, karena untuk meneliti representasi tanda, objek dan interpretan yang ada di dalam iklan tersebut. Hasil dari penelitian ditemukan representasi pesan motivasi dalam iklan Gojek versi “Bangun Lagi, Bali” diantaranya adalah kesiapsediaan untuk bergerak ke arah tujuan untuk Kembali bangkit dari keterpurukan yang mengandung pesan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam ekspresi wajah, tindakan, alur cerita dan narasi yang disampaikan di setiap scene per scene nya dengan jumlah 5 scenes dengan durasi 1 menit 37 detik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Charles Sanders Pierce, Gojek, Iklan, Semiotika, YouTube.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:06
Last Modified: 27 Jul 2023 06:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item