Kurniawan, Ari (2023) STRATEGI AKUN TIKTOK @DICTIONAREI DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DAN MEMPEROLEH PENDAPATAN DARI ENGAGEMENT RATE AKUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1113 Ari Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media sosial merupakan salah satu new media (media baru) yang kini digunakan oleh hampir seluruh umat manusia diberbagai penjuru dunia. Media sosial menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat karena dapat menjadi pertimbangan dalam berbagai keputusan, bahkan menciptakan opini publik yang sangat kuat. Media sosial dinilai dapat menjadi wadah atau platform yang potensial untuk media pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk dengan tujuan menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat, tepat, serta dapat menjangkau target pasar secara luas dan yang terpenting efektif. Aplikasi TikTok saat ini telah menjadi salah satu platform sosial media yang cukup populer di kalangan masyarakat dunia. Seperti media sosial lainya, dalam media sosial TikTok terdapat istilah TikTok marketing. TikTok marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial, dalam hal ini menggunakan TikTok. @dictionarei merupakan salah satu akun yang dibangun oleh penulis atau creator skripsi ini, yaitu Reizuka Ari (Ari Kurniawan). Penulis membahas tentang kehidupan pribadi, skincare, dan travel yang dikemas dalam tema “a day in my life”. Kekuatan brand image dari “a day in my life” dalam akun TikTok @dictionarei telah membawa sebanyak 3.1 M pengikut dan telah mencapai 169.6 M engagement likes sejak akun tersebut dibuat. Tingginya engagement rate tersebut tentunya terdapat strategi tersendiri yang akan sangat menarik untuk penulis bahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi content creator @dictionarei membangun brand image dan memperoleh pendapatan dari engagement rate akun di media sosial Tik Tok. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mempertimbangkan indikator 11 kriteria personal branding menurut Rampersad yaitu keontentikan, integritas, konsisten, spesialisasi, wibawa, keberbedaan, relevan, visibilitas, kegigihan, kebaikan, dan kinerja. Penelitian ini menunjukkan bahwa content creator @dictionarei telah melakukan hampir seluruh aspek kriteria personal branding dan menekankan pada beberapa kriteria yaitu keontentikan, integritas, konsisten, spesialisasi, dan keberbedaan dalam membuat konten TikTok sehingga dapat menaikkan engagement rate-nya. Tingginya engagement rate akan mengundang banyak brand yang mengajak bekerjasama. Selain itu, kreator dinilai konsisten dan profesional dalam memberikan pelayanan terhadap brand yang bekerjasama denganya dan selalu membuat perbaikan ketika mendapat kritik dan sering melakukan evaluasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Engagement Rate, Komunikasi Pemasaran, Media Baru, TikTok. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:55 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18572 |
Actions (login required)
View Item |