Hidayat, Sepviyan (2023) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA SWADAYA SPEDAGI MOVEMENT DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PASAR PAPRINGAN TEMANGGUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0777 Sepviyan Hidayat.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi alam dan dapat menjadi aset berharga bagi masyarakat yang tinggal didalamnya. Atas dasar banyaknya potensi alam yang tersedia, masyarakat harus memperhatikan sistem keberlanjutan lingkungan dalam proses pemanfaatannya. Dalam mengatasi hal ini, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia telah membuat peraturan yang berkaitan dengan usaha memanfatkan potensi alam desa, yaitu Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.26/UM.001/MKP/2010. Salah satu pemanfaatannya bisa menggunakan konsep revitalisasi desa yang digagas oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Spedagi Movement melalui pendekatan lingkungan dengan konsep Pasar Papringan, dengan tujuan menciptakan produk lokal yang berkualitas sekaligus lestari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang dianalisa secara kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan acuan interview guide dan informan dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 4 orang, yang terlibat langsung dalam proses revitalisasi desa melalui Pasar Papringan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Spedagi Movement terbagi menjadi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, Spedagi Movement melakukan pengenalan khalayak, menentukan peran komunikator, memilih media, dan menyusun anggaran. Pelaksanaan strategi komunikasi disampaikan dengan tatap muka melalui kegiatan sosialisasi, workshop kerajinan, dan testfood yang dipandu oleh Spedagi Movement. Adapun evaluasi disampaikan Spedagi Movement melalui forum bersama penduduk Desa Ngadimulyo setelah seluruh rangkaian kegiatan telah terlaksana.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Citra Merek | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:29 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18559 |
Actions (login required)
View Item |