STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA SWADAYA SPEDAGI MOVEMENT DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PASAR PAPRINGAN TEMANGGUNG

Hidayat, Sepviyan (2023) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA SWADAYA SPEDAGI MOVEMENT DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PASAR PAPRINGAN TEMANGGUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0777 Sepviyan Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi alam dan dapat menjadi aset berharga bagi masyarakat yang tinggal didalamnya. Atas dasar banyaknya potensi alam yang tersedia, masyarakat harus memperhatikan sistem keberlanjutan lingkungan dalam proses pemanfaatannya. Dalam mengatasi hal ini, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia telah membuat peraturan yang berkaitan dengan usaha memanfatkan potensi alam desa, yaitu Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.26/UM.001/MKP/2010. Salah satu pemanfaatannya bisa menggunakan konsep revitalisasi desa yang digagas oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Spedagi Movement melalui pendekatan lingkungan dengan konsep Pasar Papringan, dengan tujuan menciptakan produk lokal yang berkualitas sekaligus lestari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang dianalisa secara kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan acuan interview guide dan informan dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 4 orang, yang terlibat langsung dalam proses revitalisasi desa melalui Pasar Papringan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Spedagi Movement terbagi menjadi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, Spedagi Movement melakukan pengenalan khalayak, menentukan peran komunikator, memilih media, dan menyusun anggaran. Pelaksanaan strategi komunikasi disampaikan dengan tatap muka melalui kegiatan sosialisasi, workshop kerajinan, dan testfood yang dipandu oleh Spedagi Movement. Adapun evaluasi disampaikan Spedagi Movement melalui forum bersama penduduk Desa Ngadimulyo setelah seluruh rangkaian kegiatan telah terlaksana.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, RizkI
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Citra Merek
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:29
Last Modified: 27 Jul 2023 04:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18559

Actions (login required)

View Item View Item