Bayuaji, Achmad (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KOMUNITAS VIRTUAL HUMAN LIVIK DI APLIKASI DISCORD. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (108kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.96.0356 Achmad Bayuaji.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
Abstract
Pada saat ini perkembangan sosial media berkembang dengan sangat pesat, berbagai macam aplikasi sosial media sangat banyak ditemukan untuk melakukan komunikasi baik secara online maupun offline, dengan berkembangnya teknologi komunikasi semakin mempermudah untuk melakukan komunikasi seperti juga ikut komunitas virtual. Komunitas virtual adalah sekelompok orang yang berkumpul membentuk suatu komunitas di dalam ruang virtual melalui berbagai macam sosial media seperti DISCORD. Untuk melakukan kegiatan secara online bersama seperti ngobrol dan berkenalan dengan orang baru, dan bermain game bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal pada komunitas virtual HUMAN LIVIK di aplikasi DISCORD. Penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial dengan metode kualitatif deskripstif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dengan orang yang mengikuti komunitas virtual HUMAN LIVIK di aplikasi DISCORD dan memiliki latar berlakang yang berbeda-beda dan dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal pada komunitas virtual HUMAN LIVIK di aplikasi DISCORD sudah melalui tahapan komunikasi interpersonal dan tahapan tersebut adalah : 1. Tahap perkenalan, pada tahap ini anggota komunitas virtual HUMAN LIVIK melakukan perkenalan dengan melewati fitur dari game PUBG MOBILE dan mereka memiliki tujuan yang sama yaitu membuat suatu komunitas. 2. Tahap Pertemanan, pada tahap ini anggota komunitas virtual HUMAN LIVIK memulai pertemanan dengan cara bermain game PUBG MOBILE bersama, hal tersebut membuat hubungan antar individu menjadi lebih erat. 3. Tahap saling terbuka, pada tahap ini anggota komunitas virtual HUMAN LIVIK sudah memiliki pribadi yang terbuka sehingga mereka tidak memiliki rasa canggung untuk saling mengkritik antara satu dengan yang lainya. 4. Tahap intim, pada tahap ini anggota komunitas virtual HUMAN LIVIK sudah memiliki hubungan yang lebih intim, ditandai dengan pada saat mereka bermain game PUBG MOBILE bersama mereka sudah mempercayai antara satu dengan yang lainya dan memiliki tujuan yang sama untuk membuat komunitas virtual HUMAN LIVIK di aplikasi DISCORD sebagai sarana bertukar informasi seputar game PUBG MOBILE.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Interpersonal, Komunitas Virtual, DISCORD | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:23 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18553 |
Actions (login required)
View Item |