Prabowo, Awang Manggar (2023) PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN FILM ANIMASI “LEGENDA KAWAH SIKIDANG” DENGAN MEMANFAATKAN EFEK PARALLAX. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0832-Awang Manggar Prabowo.rar Restricted to Repository staff only Download (60MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0832-Awang Manggar Prabowo - awang manggar.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, membuat objek-objek budaya yang masih disajikan dengan cara tradisional kian terpinggirkan seperti halnya cerita rakyat. Masyarakat cenderung berminat pada hiburan yang berbasis teknologi. Akibatnya budaya daerah yang masih mengusung cara-cara tradisional serta tidak mengikuti perkembangan teknologi akan semakin ditinggalkan. Penelitian ini akan menghasilkan film animasi pendek 2D membahas tentang cerita rakyat serta menjelaskan bagaimana proses dalam pembuatannya. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini dapat melestarikan lagi objek-objek budaya yang sudah mulai ditinggalkan. Animasi ini akan mengambil salah satu cerita rakyat yang berasal dari Dataran Tinggi Dieng yang berjudul “Legenda: Asal-Usul Kawah Sikidang”. Pembuatan film animasi ini akan bersifat storytelling, dimana ilustrasi aset yang telah dibuat akan digerakan ukuran, posisi, serta rotasinya dengan memanfaatkan efek parallax agar pergerakan film animasi tidak monoton. Kemudian untuk uji kelayakan film animasi yang sudah dibuat penulis menggunakan kuesioner yang akan dihitung dengan metode perhitungan skala likert. Sehingga dapat diketahui tercapai atau tidaknya tujuan dari penelitian. Dari semua uraian di atas, penulis pun memutuskan untuk membuat sebuah penelitian dengan judul: Pengembangan dan Perancangan Film Animasi “Legenda Kawah Sikidang” Dengan Memanfaatkan Efek Parallax.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Cerita Rakyat, Animasi 2 Dimensi, Skala Likert, Efek Parallax | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Apr 2023 05:02 | ||
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18529 |
Actions (login required)
View Item |