PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN FILM ANIMASI “LEGENDA KAWAH SIKIDANG” DENGAN MEMANFAATKAN EFEK PARALLAX

Prabowo, Awang Manggar (2023) PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN FILM ANIMASI “LEGENDA KAWAH SIKIDANG” DENGAN MEMANFAATKAN EFEK PARALLAX. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0832-Awang Manggar Prabowo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0832-Awang Manggar Prabowo - awang manggar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, membuat objek-objek budaya yang masih disajikan dengan cara tradisional kian terpinggirkan seperti halnya cerita rakyat. Masyarakat cenderung berminat pada hiburan yang berbasis teknologi. Akibatnya budaya daerah yang masih mengusung cara-cara tradisional serta tidak mengikuti perkembangan teknologi akan semakin ditinggalkan. Penelitian ini akan menghasilkan film animasi pendek 2D membahas tentang cerita rakyat serta menjelaskan bagaimana proses dalam pembuatannya. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini dapat melestarikan lagi objek-objek budaya yang sudah mulai ditinggalkan. Animasi ini akan mengambil salah satu cerita rakyat yang berasal dari Dataran Tinggi Dieng yang berjudul “Legenda: Asal-Usul Kawah Sikidang”. Pembuatan film animasi ini akan bersifat storytelling, dimana ilustrasi aset yang telah dibuat akan digerakan ukuran, posisi, serta rotasinya dengan memanfaatkan efek parallax agar pergerakan film animasi tidak monoton. Kemudian untuk uji kelayakan film animasi yang sudah dibuat penulis menggunakan kuesioner yang akan dihitung dengan metode perhitungan skala likert. Sehingga dapat diketahui tercapai atau tidaknya tujuan dari penelitian. Dari semua uraian di atas, penulis pun memutuskan untuk membuat sebuah penelitian dengan judul: Pengembangan dan Perancangan Film Animasi “Legenda Kawah Sikidang” Dengan Memanfaatkan Efek Parallax.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Cerita Rakyat, Animasi 2 Dimensi, Skala Likert, Efek Parallax
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:02
Last Modified: 26 Jul 2023 04:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item