Wicaksono, Imam (2023) DESAIN INTERIOR 3D SKATEPARK TAMAN MILENIAL BANTUL KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN APLIKASI SKETCHUP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0449 Imam Wicaksono.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam meningkatkan lapangan kerja dan devisa negara. Software Sketchup sengaja dikembangkan untuk mengilustrasikan tampilan tiga dimensi (3D). Aplikasi Sketchup juga menawarkan kelebihan lain seperti mudah diakses, tidak banyak memakan space di komputer, menyediakan versi tanpa berbayar, serta mudah untuk mengubah karakter gambar mulai dari 2D vector, 3D realistis, hingga gambar yang menyerupai sketsa tangan/kondisi eksisting. Teknik yang digunakan untuk menggambarkan objek adalah visualisasi animasi 3D sehingga dapat dimanfaatkan sebagai solusi yang menarik untuk mengetahui letak tata ruang setiap tempat. Area yang menjadi objek penelitian adalah fasilitas skatepark, toilet, tempat istirahat, dan tempat bermain anak. Hal yang menjadi pokok utama dalam penelitian ini adalah belum adanya media informasi dalam bentuk visualisasi animasi 3D yang menampilkan keseluruhan design interior dari Taman Milenial Bantul Kota Yogyakarta. Desain interior dapat juga diartikan sebagai perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam yang ada di dalam bangunan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif deskriptif adalah suatu pendekatan yang berguna untuk mengeksplorasi serta memahami suatu gejala. Tujuan dari metode kualitatif adalah memahami pandangan individu, menjelaskan suatu proses, serta menggali informasi mendalam mengenai suatu objek tertentu atau latar belakang penelitian yang terbatas. Lokasi penelitian adalah di Skatepark Taman Milenial Bantul Kota Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa panduan wawancara. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Pada penelitian ini uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Aktivitas dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada pembuatan animasi 3D Skatepark Taman Milenial Bantul Kota Yogyakarta menggunakan Aplikasi Sketchup adalah Aplikasi visualisasi 3D Skatepark Taman Milenial Bantul Kota Yogyakarta mudah dijalankan, dapat membantu para pengguna dalam tentang tata letak fasilitas serta informasi yang ada di dalamnya, objek-objek yang ada pada aplikasi sudah mirip dengan objek aslinya, setiap fungsi dan tombol yang ada pada aplikasi sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perancangan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desain interior, 3D, Sketchup. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:55 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18420 |
Actions (login required)
View Item |