Intan, Yosefina Safira (2023) MITOS PEREMPUAN SEBAGAI OBJEK SEKSUAL DALAM VIDEO KLIP (ANALISIS SEMIOTIK VIDEO KLIP JAMRUD TELAT 3 BULAN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (966kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1183 Yosefina Safira Intan.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
Abstract
Potret perempuan dalam media hanya sebagai model pelengkap atau objek visual menarik perhatian audiens. Eksploitasi tubuh perempuan nyatanya menjadi potens iuntuk keberhasilan dalam media. Salah satunya adalah video klip, lebih dari 34,1% aktris berpenampilan seksi dan 35% lainnya malah tidak menggunakan busana (telanjang). Jamrud merupakan band yang mendapatkan kontroversi terkait lagu ataupun video klip yang berbau vulgar. Salah satunya adalah video klip Telat 3 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membongkar lebih jauh mitos terkait dengan perempuan dijadikan sebagai objek seksual dari video klip Jamrud Telat 3 Bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif deskriptif berdasarkan landasan teori Male Gaze (Laura Mulvey) dan representasi (Stuart Hall). Metode analisis semiotika Roland Barthles digunakan untuk mengetahui makna dari tanda atau simbol yang ada pada video klip dan ideologi yang tersembunyi dibalik video klip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan mudah didekati atau tergoda, sekaligus dalam video klip ini melahirkan mitos bahwa perempuan adalah sumber alasan atau godaan bagi laki-laki. Perempuan ditempatkan dalam rana domestik, dengan sterotipe perempuan tidak berdaya dan lemah. Ideologi yang tersembunyi di balik video klip adalah patriarki. Semua terbungkus dalam Sexsual Grooming yang dilakukan oleh laki-laki. Peneliti menyarankan untuk praktisi dalam bidang industri kreatif diharapkan memperhatikan bahwa tidak adanya sistem patriarki yang merugikan perempuan dalam tayangan video klip.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Male gaze, Mitos, Video Klip, Semiotika, Jamrud Telat 3 Bulan. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Apr 2023 01:48 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18297 |
Actions (login required)
View Item |