MITOS PEREMPUAN SEBAGAI OBJEK SEKSUAL DALAM VIDEO KLIP (ANALISIS SEMIOTIK VIDEO KLIP JAMRUD TELAT 3 BULAN)

Intan, Yosefina Safira (2023) MITOS PEREMPUAN SEBAGAI OBJEK SEKSUAL DALAM VIDEO KLIP (ANALISIS SEMIOTIK VIDEO KLIP JAMRUD TELAT 3 BULAN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1183 Yosefina Safira Intan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Potret perempuan dalam media hanya sebagai model pelengkap atau objek visual menarik perhatian audiens. Eksploitasi tubuh perempuan nyatanya menjadi potens iuntuk keberhasilan dalam media. Salah satunya adalah video klip, lebih dari 34,1% aktris berpenampilan seksi dan 35% lainnya malah tidak menggunakan busana (telanjang). Jamrud merupakan band yang mendapatkan kontroversi terkait lagu ataupun video klip yang berbau vulgar. Salah satunya adalah video klip Telat 3 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membongkar lebih jauh mitos terkait dengan perempuan dijadikan sebagai objek seksual dari video klip Jamrud Telat 3 Bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif deskriptif berdasarkan landasan teori Male Gaze (Laura Mulvey) dan representasi (Stuart Hall). Metode analisis semiotika Roland Barthles digunakan untuk mengetahui makna dari tanda atau simbol yang ada pada video klip dan ideologi yang tersembunyi dibalik video klip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan mudah didekati atau tergoda, sekaligus dalam video klip ini melahirkan mitos bahwa perempuan adalah sumber alasan atau godaan bagi laki-laki. Perempuan ditempatkan dalam rana domestik, dengan sterotipe perempuan tidak berdaya dan lemah. Ideologi yang tersembunyi di balik video klip adalah patriarki. Semua terbungkus dalam Sexsual Grooming yang dilakukan oleh laki-laki. Peneliti menyarankan untuk praktisi dalam bidang industri kreatif diharapkan memperhatikan bahwa tidak adanya sistem patriarki yang merugikan perempuan dalam tayangan video klip.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Male gaze, Mitos, Video Klip, Semiotika, Jamrud Telat 3 Bulan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:48
Last Modified: 28 Jul 2023 03:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18297

Actions (login required)

View Item View Item