Saputra, Hengki (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA DI KAWASAN KOTABARU YOGYAKARTA (Studi Kasus: “Event Tour de Kotabaru”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (131kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1084 Hengki Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran event Tour de Kotabaru dalam Mempromosikan destinasi wisata di kawasan Kotabaru Yogyakarta. Objek penelitian ini yaitu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dan berlandaskan paradigma konstruktivis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan lalu diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi event Tour de Kotabaru yang diselenggakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mempromosikan empat jenis destinasi wisata diantaranya wisata sejarah (heritage), wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata estetik (kecantikan). Pengguna lima unsur bauran komunikasi pemasaran dalam mencapai tujuan pemasaran promosi event ini menerapkan empat bauran komunikasi pemasaran yaitu (1) Periklanan, membuat flyer dan konten reels Instagram disetiap kegiatan dan pemberitaan lalu disebarluaskan melalui media Instragram dan website resmi Dinas Pariwisata. (2) Promosi Penjualan, menggunakan brosur dan banner dilengkapi denah yang mempermudah peserta tamu undangan mengetahui informasi destinasi yang dipromosikan. (3) Humas dan Publikasi, bekerja sama dengan beberapa media seperti Sonora, Kompas, Harianjogja dan lain-lain yang menyebarkan informasi berbentuk berita. Strategi kampanye humas dibantu oleh Kominfo dan Bappeda yang ikut serta mempromosikan dalam bentuk berita. (4) Pemasaran Langsung, panitia sudah menentukan rute dari masing-masing kegiatan yang melintasi setiap destinasi wisata sehingga mempermudah para peserta dan partisipan megetahui keunikan dari destinasi wisata Kotabaru.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Event Tour de Kotabaru, Dinas Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Destinasi Wisata Kotabaru, Bauran Komunikasi Pemasaran. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Apr 2023 01:40 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18293 |
Actions (login required)
View Item |