STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DALAM PENGUATAN PEMASARAN PRODUK DAN MENARIK MINAT PELANGGAN (Studi Kasus: UMKM Keripik Tempe Ubaey)

Setiawan, Harry (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DALAM PENGUATAN PEMASARAN PRODUK DAN MENARIK MINAT PELANGGAN (Studi Kasus: UMKM Keripik Tempe Ubaey). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0552 Harry Setiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Kehadiran UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) pada suatu daerah maupun negara memiliki peran besar bagi perkembangan perekonomian nasional, keberadaan UMKM sendiri juga berperan dalam menekan angka kemiskinan pada suatu negara. UMKM menuntun para perintis pemilik usaha rumahan dalam mengembangkan sebuah ide, kreatifitas, serta cara bagaimana mempromosikan produknya kepada masyarakat secara luas. Salah satu bentuk UMKM yang berkembang pesat saat ini yaitu pada sektor pangan, kripik tempe ”Ubaey” salah satu dari jutaan usaha pendistribusian produk snack atau makanan ringan yang mampu bertahan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penguatan pemasaran produk dan menarik minat pelanggan pada Keripik Tempe Ubaey. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, phyysical evidence) dan teori Integreted Marketing Communication (IMC). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, dan paradigma yang digunakan yaitu konsturktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bauran pemasaran yang efektif digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran UMKM Keripik Tempe Ubaey dalam penguatan pemasaran produk dan menarik minat pelanggan yaitu menggunakan strategi secara konvensional dan meliputi product, price, promotion, place dan process pada bauran pemsarannya. Sedangkan dalam menarik minat pelanggan Keripik Tempe Ubaey menggunakan Integreted Marketing Communication (IMC) dengan tujuan untuk memiliki hubungan kedekatan antara produsen dengan konsumen secara berkelanjutan dan memberikan efek langsung terhadap keputusan pembelian konsumen kepada suatu merek.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Integrated Marketing Communication.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:44
Last Modified: 28 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item