IMPLEMENTASI TEKNIK 3D MODELLING PRIMITIVE PADA PEMBUATAN OBJEK UFO DALAM ANIMASI UNIDENTIFIED FLYING OBJECT

Rahman, Ahmad Jaisy (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK 3D MODELLING PRIMITIVE PADA PEMBUATAN OBJEK UFO DALAM ANIMASI UNIDENTIFIED FLYING OBJECT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 19.82.0543 Ahmad Jaisy Rahman.rar
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.82.0543 Ahmad Jaisy Rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

UFO (Unidentified Flying Object) merupakan benda terbang yang tidak bisa diidetifikasi oleh pengamat dan tetap tidak bisa teridentifikasi walaupun telah diselidiki. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memvisualisasikan objek UFO dengan mengimplementasikan Teknik Primitive 3D Modelling pada Film Unidentified Flying Object. 3D Modelling adalah proses mengembangkan representasi dari setiap permukaan suatu object (baik benda mati maupun hidup) ke dalam ruang tiga dimensi menggunakan perangkat lunak khusus, dengan adanya 3D modelling ini diharapkan memudahkan seseorang untuk memberi gambaran terkait object yang telah dibuat. Proses pembuatan 3D Modelling ada beberapa teknik yang digunakan, seperti Teknik Polygonal dan Primitive. Modelling polygonal bentuknya gabungan antara segitiga dan segiempat yang digunakan untuk membuat tiap bidang suatu karakter. Modelling polygonal akan membentuk bidang datar dengan menempatkan sebuah barisan polygon sehingga dapat membentuk objek yang diinginkan, namun untuk memperoleh bidang yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Jika polygon yang digunakan sedikit, maka objek yang diperoleh akan terbagi menjadi bagian - bagian polygon. Teknik pemodelan primitive secara sederhana mengkombinasikan objekobjek solid yang tersedia pada standar geometri (Seperti kotak, bola, tabung, dan sebagainya) dan memodifikasi bentuknya untuk membentuk objek akhir yang diinginkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil modeling objek UFO yang dilakukan oleh penulis mendapat nilai persentase 85% dan termasuk dalam kategori sangat baik, kemudian berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh ahli 3d modeling mendapatkan nilai 78% yang masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Haryoko
Uncontrolled Keywords: 3D, Modeling, Teknik, Primitive Modeling, Poligon.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:04
Last Modified: 28 Jul 2023 02:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18267

Actions (login required)

View Item View Item