RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK BANGUN RUANG BERBASIS 3D AUGMENTED REALITY

Yudatmaja, Lukita (2023) RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK BANGUN RUANG BERBASIS 3D AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (431kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
AR Bangun Ruang 17.11.1242 Lukita Yudatmaja.rar
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1242 Lukita Yudatmaja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, khususnya dalam bidang pendidikan. Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional menjadi kurang efektif dan kurang menarik minat belajar siswa, khususnya dalam bidang pelajaran matematika bangun ruang kelas 5 di SD N Pete. Hal tersebut menarik perhatian penulis untuk membuat sebuah rancangan media pembelajaran bangun ruang untuk guru dan siswa di SD N Pete yang menarik dan interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang ditampilkan secara realtime. Pada penelitian ini, penulis berhasil membuat sebuah media pembelajaran interaktif berbasis 3D Augmented Reality dengan materi bangun ruang untuk siswa kelas 5 SD N Pete. Setelah dilakukan penelitian, aplikasi media pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan lancar dan diterima dengan baik oleh siswa dan guru di SD N Pete. Dengan diselesaikannya media pembelajaran tersebut, siswa dan guru khususnya di SD N Pete dapat menggunakan aplikasi media pembelajaran tersebut untuk kegiatan belajar mengajar. Aplikasi tersebut dapat memudahkan guru dalam mengajar materi bangun ruang kepada siswa dan siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar materi bangun ruang, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang di SD N Pete.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Matematika, Bangun Ruang, Sekolah Dasar
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:46
Last Modified: 28 Jul 2023 03:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item