PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING PADA GAME SUDOKU

Prabowo, Deandy Vinandito (2021) PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING PADA GAME SUDOKU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0413-Deandy Vinandito Prabowo - Deandy Vinandito Prabowo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0413-Deandy Vinandito Prabowo - Deandy Vinandito Prabowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Game merupakan sebuah sarana hiburan yang disukai oleh semua kalangan orang dewasa hingga anak-anak. sebuah game tidak hanya untuk hiburan semata, dapat juga digunakan untuk melatih pola berpikir seseorang. Game yang dapat digunakan untuk melatih otak adalah game yang berjenis teka-teki. Game Sudoku sebuah game teka-teki yang pada dasarnya menggunaka angka yang acak dan terdapat beberapa angka yang hilang. Guna untuk menyelesaikan dan mengetahui angka yang hilang, pada penelitian ini penulis membuat Game Sudoku yang dapat dijalankan di computer dan menggunakan Bahasa pemrograman Python dengan menerapkan Algoritma Backtracking. Hasil akhir dari pembuatan game Sudoku yang di buat oleh penulis adalah informasi seberapa cepat algoritma Backtracking dapat menemukan angka yang hilang atau sebuah solusi pada Sudoku level 6x6, kemudian akan dibandingkan dengan Sudoku level 9x9 dengan algortima yang sama guna mengetahui apakah semakin sulit permainan akan membutuhkan waktu yang lama atau membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Game Sudoku, Python, Algoritma Backtracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:45
Last Modified: 15 Aug 2023 01:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item