PEMANFAATAN ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK PENCEGAHAN COVID -19 DALAM BENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

Taufik, Ryan Muhamad (2021) PEMANFAATAN ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK PENCEGAHAN COVID -19 DALAM BENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Video-18.02.0306-Ryan Muhamad Taufik - Ryan Muhamad Taufik.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.02.0306-Ryan Muhamad Taufik - Ryan Muhamad Taufik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional kelas 1 yang menjalankan 3 fungsi pilar yaitu pilar ekonomi, pendidikan, dan wisata. Dengan berjalannya kegiatan jual beli yang terjadi, sebanyak 6.000 pedagang setiap hari melakukan transaksi ekonomi dan turut menggerakkan roda perekonomian. Tetapi, pada masa pandemi seperti ini, pasar menjadi salah satu tempat yang cukup dikhawatirkan masyarakat karena pasar merupakan tempat terbentuknya kerumunan. Hal ini mengakibatkan maraknya wabah virus corona semakin besar risiko penularannya. Karena pasar menjadi salah satu denyut perekonomian, pasar harus selalu beroperasi karena pedagang harus tetap mencari nafkah melalui berdagang, petani pun harus menyalurkan hasil panennya ke pasar. Sementara masyarakat,harus tetap memenuhi kebutuhan pokoknya dari pasar. Metode pembuatan iklan ini ada 3 proses yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Untuk proses pra produksi, disini menentukan konsep visual, konsep warna, pembuatan storyboard, dan mempersiapkan alat dan bahan. Untuk proses produksi, di awali dengan perekaman suara karakter Pak Harjo, yang kemudian dilakukan penggambaran outline serta pewarnaan animasi. Dan untuk proses terakhir yaitu pra produksi, dilakukan penambahan sound effect, editing animasi, dan rendering. Telah dihasilkan sebuah iklan layanan masyarakat mengenai protokol kesehatan 3M dengan karakter Pak Harjo yang mana merupakan maskot Pasar Beringharjo Yogyakarta. Pembuatan iklan layanan masyarakat tentang pencegahan Covid-19 di Pasar Beringharjo berbasis animasi 2D tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam memahami protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, hal tersebut diperkuat dengan adanya wawancara dan kuisioner dari pedagang dan pembeli Pasar Beringahrjo.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Sismoro, Heri
Uncontrolled Keywords: Pasar Beringharjo, produksi, iklan, Beringharjo market, production, dvertisement.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:44
Last Modified: 14 Aug 2023 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item