ANALISIS SENTIMENT TERHADAP MARKETPLACE SHOPEE PADA JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Afsyarah, Gusniar Bekty (2021) ANALISIS SENTIMENT TERHADAP MARKETPLACE SHOPEE PADA JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0399-Gusniar Bekty Afsyarah - Gusniar Bekty Afsyarah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0399-Gusniar Bekty Afsyarah - Gusniar Bekty Afsyarah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Sehubungan dengan semakin berkembangnya e-commerce pada saat ini, masyarakat sering memanfaatkan twitter untuk beropini tentang salah satu marketplace yang mereka gunakan, salah satunya adalah shopee. Banyaknya opini memerlukan sebuah metode atau teknik khusus yang mampu mengkategorikan opini tersebut secara otomatis, apakah termasuk opini positif atau negatif. Hal ini menjadi menarik dan penting bagi pihak-pihak tertentu yang ingin mengetahui baik buruknya sentimen atau opini masyarakat terhadap shopee. Penelitian ini menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes . Algoritma Multinomial Naïve Bayes merupakan pengembangan dari Naïve Bayes sehingga mungkin digunakan pada pembuatan analisis sentiment dikarenakan algoritma ini bertujuan sebagai mode klasifikasi kedalam kategori positif dan negatif. Kelebihan multinomial naive bayes diantaranya adalah tingkat akurasi yang tinggi, mudah diimplementasikan, waktu komputasi yang rendah serta error rate yang minimum . Multinomial Naïve bayes dapat menangani ukuran kosakata dalam jumlah besar serta mereduksi tingkat error [1] . Berdasarkan uraian diatas dibuatlah sebuah sistem “ Analisis Sentimen Terhadap Marketplace Shopee pada Jejaring Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayez Classifier” untuk mengklasifikasi opini masyarakat kedalam dua sentimen yaitu sentimen positif dan sentimen negatif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utami, Ema
Uncontrolled Keywords: Twitter, Shopee, Multinomial Naïve Bayez Classifier
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:24
Last Modified: 14 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item