Afsyarah, Gusniar Bekty (2021) ANALISIS SENTIMENT TERHADAP MARKETPLACE SHOPEE PADA JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (641kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (54kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0399-Gusniar Bekty Afsyarah - Gusniar Bekty Afsyarah.rar Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0399-Gusniar Bekty Afsyarah - Gusniar Bekty Afsyarah.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
Abstract
Sehubungan dengan semakin berkembangnya e-commerce pada saat ini, masyarakat sering memanfaatkan twitter untuk beropini tentang salah satu marketplace yang mereka gunakan, salah satunya adalah shopee. Banyaknya opini memerlukan sebuah metode atau teknik khusus yang mampu mengkategorikan opini tersebut secara otomatis, apakah termasuk opini positif atau negatif. Hal ini menjadi menarik dan penting bagi pihak-pihak tertentu yang ingin mengetahui baik buruknya sentimen atau opini masyarakat terhadap shopee. Penelitian ini menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes . Algoritma Multinomial Naïve Bayes merupakan pengembangan dari Naïve Bayes sehingga mungkin digunakan pada pembuatan analisis sentiment dikarenakan algoritma ini bertujuan sebagai mode klasifikasi kedalam kategori positif dan negatif. Kelebihan multinomial naive bayes diantaranya adalah tingkat akurasi yang tinggi, mudah diimplementasikan, waktu komputasi yang rendah serta error rate yang minimum . Multinomial Naïve bayes dapat menangani ukuran kosakata dalam jumlah besar serta mereduksi tingkat error [1] . Berdasarkan uraian diatas dibuatlah sebuah sistem “ Analisis Sentimen Terhadap Marketplace Shopee pada Jejaring Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayez Classifier” untuk mengklasifikasi opini masyarakat kedalam dua sentimen yaitu sentimen positif dan sentimen negatif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Twitter, Shopee, Multinomial Naïve Bayez Classifier | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 06:24 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1791 |
Actions (login required)
View Item |