PENERAPAN ALGORITME K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK MELAKUKAN KLASIFIKASI PRODUK PADA E-MARKETPLACE SHOPEE

Tusifaiyah, Adilla Laela (2021) PENERAPAN ALGORITME K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK MELAKUKAN KLASIFIKASI PRODUK PADA E-MARKETPLACE SHOPEE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0212-Adilla Laela Tusifaiyah - Adilla Laela Tusifaiyah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0212-Adilla Laela Tusifaiyah - Adilla Laela Tusifaiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia banyak difasilitasi oleh kehadiran e-marketplace. Tren e-marketplace di Indonesia terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan internet. Dalam perkembangannya, emarketplace semakin banyak menawarkan produk. Akibatnya, pembeli membutuhkan lebih banyak usaha untuk mencari produk yang diinginkan. Agar dapat memudahkan pencarian produk tersebut, maka dilakukan klasifikasi produk. Penelitian ini mengklasifikasikan produk pada e-marketplace Shopee menggunakan algoritme K-Nearest Neighbor. Data produk yang digunakan berasal dari web scraping pada kategori handphone dan aksesoris, fashion muslim, dan perlengkapan rumah. Tahapan dari sistem klasifikasi dimulai dengan tahap preprocessing, selanjutnya tahap pembobotan term menggunakan metode TF-IDF, berikutnya cosine similarity untuk menghitung jarak kemiripan antar dokumen, dan kemudian melakukan pengurutan hasil cosine similarity untuk diambil data sejumlah nilai k. Berdasarkan pengujian pada 9 data produk dengan tiga nilai k berbeda. Diperoleh rata-rata yang menunjukan hasil accuracy, precision, dan recall terendah ketika nilai k=3. Hasil accuracy sebesar 88.89%, precision sebesar 83.33%, dan recall sebesar 100% didapatkan ketika menggunakan nilai k=5 atau k=7.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adi, Sumarni
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, E-marketplace, K-Nearest Neighbor, Text Mining, Classification
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:17
Last Modified: 14 Aug 2023 06:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item