Pribadi, Nico Dimas (2021) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MERACIK BERBAGAI VARIAN KOPI “SI BARISTA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-14.11.7753-Nico Dimas Pribadi - NICO DIMAS PRIBADI.rar Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-14.11.7753 - Nico Dimas Pribadi - NICO DIMAS PRIBADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis café sekarang semakin menjamur. Hampir di setiap kota memiliki café. Dalam Bahasa Perancis, café berarti kopi. Di setiap café , pasti terdapat seorang atau lebih barista. Barista adalah orang yang membuat dan menyajikan minuman kopi. Di sekolah menengah kejuruan (SMK) ada jurusan tata boga yang mempelajari bagaimana membuat makanan ataupun minuman. Tidak sedikit siswa yang ingin menjadi seorang barista. Peran barista sangat penting dalam sebuah café. Karena seorang barista merupakan nyawa dari minuman kopi. Namun, untuk menjadi seorang barista tidaklah mudah. Jika ingin memiliki ilmu ataupun keahlian barista, disarankan untuk mengambil kelas kursus atau pelatihan yang banyak disediakan oleh café-café ternama Indonesia. Untuk mempermudah dan membantu calon barista dalam belajar meracik berbagai varian kopi, makan akan dibangun sebuah game yang dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran. Game ini dikembangkan dengan adobe photoshop dan game maker. Pengaplikasian game itu sendiri di mulai dari”Intro” kemudian mengarah ke “Menu Utama” dan beberapa tombol diantaranya yaitu tombol Main, Bantuan dan tombol Keluar. Game ini di mulai dengan level yang paling mudah, setelah berhasil melewati level kesulitan makan akan terbuka kesulitan selanjutnya dari game tersebut. Terbagi tiga tingkatan kesulitan dari level mudah, sedang dan sulit. Perancangan game ini bertujuan untuk dapat melatih diri menjadi lebih terpacu. Selain itu juga manusia memiliki sifat lebih cepat mempelajari segala sesuatu secara visual. Dengan bermain game, pemain akan berkonsentrasi tinggi agar mendapat hasil terbaik. Dalam bermain game, pemain berinteraksi langsung dengan masalah di dalam suatu permainan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Barista, Game Maker, Adobe Photoshop | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:48 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
View Item |