Hidayatullah, Dikot Syarif (2020) SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN AIR CONDITIONER MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi Kasus: Outlet Freon Jogja). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0400-Dikot Syarif Hidayatullah - Dikot Syarif Hidayatullah.rar Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0400-Dikot Syarif Hidayatullah - Dikot Syarif Hidayatullah.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
Abstract
Outlet Freon Jogja sebagai penyedia layanan jasa perawatan dan perbaikan air conditioner (AC) mempunyai rutinitas untuk mendeteksi kerusakan AC dengan menerima keluhan pelanggan atau langsung memeriksa kondisi AC di lapangan, teknisi mengalami kesulitan disaat kekurangan peralatan dan suku cadang yang diperlukan saat melakukan perbaikan AC. Teknisi menerima keluhan konsumen secara umum seperti AC mati, AC tidak dingin, sehingga teknisi membawa peralatan sesuai dugaan awal konsumen dan terkadang teknisi menemukan permasalahan yang berbeda dibandingkan keluhan konsumen sehingga perlu kembali lagi ke kantor atau membeli suku cadang. Tentu saja konsumen juga tidak dapat disalahkan karena tidak begitu mengerti permasalahan AC. Konsumen karena ketidaktahuannya mengenai kerusakan AC, sering dirugikan oleh oknum teknisi yang melaporkan kerusakan AC yang tidak sesuai dengan kerusakan AC sesungguhnya. Permasalahan kepercayaan dalam identifikasi kerusakan AC dan proses kerja tadi dapat menghambat efektivitas dan efisiensi kerja yang berakibat menurunkan tingkat produktivitas organisasi. Sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada AC berdasarkan pengetahuan teknisi/pakar dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF) dapat membantu organisasi melakukan penambahan value bisnis, peningkatan produktivitas serta pelayanan kepada pelanggan lebih baik. Hasil dari deteksi kerusakan AC yang lebih terukur terhadap gejala kerusakan dari pelanggan, teknisi lebih mudah mempersiapkan peralatan dan melakukan tindakan perawatan dan perbaikan AC.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Certainty Factor , Sistem Pakar, Air Conditioner (AC), Expert System | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:40 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |