PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI MEDIA SOSIAL KEMENKES RI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

Bening, Banty Segara (2020) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI MEDIA SOSIAL KEMENKES RI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.96.0070_Banty Segara Bening - Banty Segara Bening.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian terhadap gejala sosial yang ada disekitar, seperti halnya virus Covid-19 yang sedang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020. Media Sosial yang menjadi media baru banyak memberikan manfaat, seperti iklan layanan masyarakat yang ditayangkan di media sosial youtube dan instagram Kemenkes RI dapat menyebarkan informasi yang dikemas ke dalam bentuk iklan yang memberikan pesan dan informasi kepada penontonnya. Dasar pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Non-probability dengan metode Purposive Sampling dalam menentukan sampel. Jumlah sampel sebanyak 50 responden yang telah memenuhi kriteria mengikuti media sosial youtube dan instagram Kemenkes RI dan berumur di atas 17 Tahun di Kota Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil uji hipotesis pertama menunjukan bahwa variabel pengaruh iklan layanan masyarakat di media sosial youtube Kemenkes RI (X1) berpengaruh terhadap kepuasaan masyarakat (Y) dan menunjukan hasil yang signifikan, dengan hasil Sig/signifikasi senilai 0.000 atau probabilitas lebih kecil dari 0.05 serta kontribusi pengaruh sebanyak 38,7% yang hal ini tergolong kontribusi tinggi. Uji hipotesis kedua menunjukkan variabel pengaruh iklan layanan masyarakat di media sosial instagram Kemenkes RI (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) dan menunjukan hasil yang siginifikan, dengan hasil Sig/signifikasi senilai 0.002 atau probabilitas 0.000 atau lebih kecil dari 0.05 serta kontribusi pengaruh sebanyak 18,9% yang tergolong kontribusi tinggi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuzuli, Ahmad Khairul
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat, Kepuasan Masyarakat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:04
Last Modified: 15 Aug 2023 06:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item