Al Farisi, M Jundi (2021) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA KAGANGA REJANG DI SD NEGERI 19 KEPAHIANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0327-M_Jundi_Al_Farisi - M. Jundi Al Farisi.rar Restricted to Repository staff only Download (184MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0327-M_Jundi_Al_Farisi - M. Jundi Al Farisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Aksara Kaganga Rejang merupakan alfabet suku kata yang menjadi warisan asli peninggalan Suku Rejang sebagai alat tulis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat teknologi augmented reality (AR) sebagai media pengenalan Aksara Kaganga Rejang di SD NEGERI 19 KEPAHIANG untuk mempermudah siswa memahami dan antusias dalam mempelajarinya dalam tahap proses pengenalan Aksara Kaganga Rejang nantinya. Augmented Reality pada dasarnya adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi kedalam objek nyata tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan model pengembangan MDLC ( Multimedia Development Life Cycle ) dengan subjek penelitian adalah guru dan murid SD NEGERI 19 KEPAHIANG. Dalam proses penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, analisis data, perancangan, implementasi dan testing. Adapun metode dalam pengumpulan data yaitu dengan dilakukannya studi kasus, observasi, dan wawancara. Tahap perancangan dan pengembangan dilakukan dengan MDLC yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahap testing dilakukan dengan alpha testing menggunakan blackbox testing, uji coba kepekaan aplikasi melalui cahaya, jarak, dan sudut dan beta testing menggunakan kuesioner skala likert. Selain itu Teknologi augmented reality ini akan dibangun menggunakan Unity. Dari hasil penelitian terhadap pembuatan aplikasi augmented reality ini sebagai media pengenalan aksara kaganga rejang memperoleh presentase hasil yang dikatakan memuaskan dalam kategori Sangat Baik dengan hasil perhitungan dalam aspek tampilan(83,125%), aspek materi(86,66%), dan aspek pemahaman materi(87,5%).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Android, Unity, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jun 2022 03:27 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |