Praditya, Wisnu Rivan (2021) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN NAMA BINATANG DALAM BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK TK ABA MARGOMULYO III. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-14.12.7934-Wisnu Rivan Praditya - WISNU RIVAN PRADITYA.rar Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-14.12.7934-Wisnu Rivan Praditya - WISNU RIVAN PRADITYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Untuk saat ini belajar bahasa inggris masih menggunakan buku, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam belajar bahasa inggris lebih menyenangkan. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dimensi dunia nyata dan dunia maya secara real time. Penelitian ini menggunakan teknologi AR sebagai media pembelajaran mengenal binatang menggunakan bahasa Inggris, sehingga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk TK ABA Margomulyo III. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi umum. Selanjutnya dalam pengujian menggunakan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada sistem. Aplikasi ini memerlukan kamera smartphone mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker terdeteksi, model binatang 3D akan muncul di atas marker serta dapat berbunyi bahasa Inggris, Indonesia dan suara binatang. Hasil penelitian berformat apk dan diinstal langsung ke dalam smartphone android. Marker dapat diunduh saat pertama kali menginstal aplikasi Augmented reality.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Android, Augmented Reality, Binatang, Media Pembelajaran, Bahasa Inggris, Animals, Learning Media, English | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jun 2022 02:19 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |