PEMBUATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN NAMA BINATANG DALAM BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK TK ABA MARGOMULYO III

Praditya, Wisnu Rivan (2021) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN NAMA BINATANG DALAM BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK TK ABA MARGOMULYO III. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-14.12.7934-Wisnu Rivan Praditya - WISNU RIVAN PRADITYA.rar
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-14.12.7934-Wisnu Rivan Praditya - WISNU RIVAN PRADITYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk saat ini belajar bahasa inggris masih menggunakan buku, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam belajar bahasa inggris lebih menyenangkan. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dimensi dunia nyata dan dunia maya secara real time. Penelitian ini menggunakan teknologi AR sebagai media pembelajaran mengenal binatang menggunakan bahasa Inggris, sehingga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk TK ABA Margomulyo III. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi umum. Selanjutnya dalam pengujian menggunakan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada sistem. Aplikasi ini memerlukan kamera smartphone mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker terdeteksi, model binatang 3D akan muncul di atas marker serta dapat berbunyi bahasa Inggris, Indonesia dan suara binatang. Hasil penelitian berformat apk dan diinstal langsung ke dalam smartphone android. Marker dapat diunduh saat pertama kali menginstal aplikasi Augmented reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Prabowo, Donni
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality, Binatang, Media Pembelajaran, Bahasa Inggris, Animals, Learning Media, English
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:19
Last Modified: 14 Aug 2023 01:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item