Atthalah, Agil Aufani (2022) {SKEMA MAGANG} STRATEGI KOMUNIKASI JOGJA ISTIMEWA TELEVISI (JITV) DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM ACARA TERAS JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
(Skema Magang Internship ) Publikasi 19.96.1323 Agil Aufani Atthalah.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
Abstract
Jogja Istimewa Televisi (JITV) adalah stasiun televisi lokal streaming digital milik Pemda DIY merupakan salah satu televisi yang melakukan konvergensi media di era teknologi digital saat ini. JITV memiliki program acara berbasis softnews yang berjudul Teras Jogja. Program ini merupakan program acara yang menyajikan acara yang berisi informasi seluruh kegiatan Pemda DIY beserta keistimewaan Yogyakarta. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan serta mengenalkan program ini kepada masyarakat, diperlukan strategi komunikasi yang sesuai untuk mempromosikan program acara Teras Jogja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi seperti apa yang tepat untuk mempromosikan program acara Teras Jogja, yang kemudian dengan strategi yang tepat, Teras Jogja menjadi dikenal oleh banyak orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Data diperoleh dengan cara studi kasus meliputi proses observasi saat melaksanakan magang, wawancara dengan produser baik terstruktur maupun tidak terstruktur, dan dokumentasi. Perspektif yang digunakan penelitian ini mengacu pada strategi komunikasi yang dirumuskan oleh Anwar Arifin yang meliputi mengenal khalayak, menetapkan tujuan, menyusun pesan, menetapkan metode, dan memilih media yang digunakan. Selain itu, penelitian ini juga membahas proses memengaruhi khalayak dengan perspektif mengacu pada konsep Attention (Perhatian), Interest (Perhatian), Desire (Perhatian), Action (Perhatian) atau disingkat AIDA Model yang dirumuskan oleh Elias. St. Elmo Lewis dengan langkah – langkah memengaruhi sasaran komunikasi meliputi menarik perhatian, lalu membuat orang minat pada programnya, sampai pada muncul rasa keinginan hingga akhirnya melakukan tindakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa JITV dalam mempromosikan program acara Teras Jogja belum melakukannya secara total, melaikan hanya secara sukarela. Selain itu dalam proses memengaruhi sasaran komunikasi, hanya sebagai aspek saja yang dilakukan JITV.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Jogja Istimewa Televisi, Strategi Komunikasi, Teras Jogja | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 06:17 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15711 |
Actions (login required)
View Item |