REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN LUX EDISI SHIMMERING SANDALWOOD MUSK 2019 (ANALISIS SEMIOLOGI ROLAND BARHTHES)

Andriyani, Nurul (2021) REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN LUX EDISI SHIMMERING SANDALWOOD MUSK 2019 (ANALISIS SEMIOLOGI ROLAND BARHTHES). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0203-Nurul Andriyani - Nurul Andriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Iklan merupakan media yang dapat mempengaruhi atau memberikan persuasi terhadap produk yang sedang dipromosikan. Iklan memiliki power ekspansi yang besar, dan tanpa sadar iklan membentuk budaya konsumen yang menjadi tujuan utama dalam pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik dari beberapa faktor inter beauty maupun outer beauty dalam iklan televisi yang ditunjukan oleh PT.Unilever dalam produk sabun kecantikannya. Bahwa kecantikan merupakan hak semua perempuan baik generasi muda sampai tua dan perbedaan bidang profesi pekerjaan tidak menunjukan perbedaan kelas sosial dan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif berdasarkan model semiologi dari Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati vidio iklan Lux dan mengambil gambar yang mampu mewakili kecantikan pada model iklan sabun Lux. Bentukbentuk representasi yang terdapat pada iklan kecantikan sabun Lux versi Maudy Ayunda menunjukan kecantikan sesungguhnya untuk perempuan melalui pengembangan kepercayaan dirinya dengan apa yang dimilikinya dan hasil karyanya. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam vidio iklan kecantikan sabun Lux menunjukan kecantikan melalui media komunikasi dengan penerapan komunikasi massa yang mempengaruhi penampilan keseharian. Masyarakat terpengaruh dengan gaya dan kecantikan yang terdapat pada iklan kecantikan sabun Lux.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Natalia, Wahyu Kristian
Uncontrolled Keywords: Iklan Sabun Lux, Semiotik, Kecantikan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:12
Last Modified: 14 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item