Primadhika, Cahya (2021) ANALISIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC PADA WASKITA.AMIKOM.AC.ID UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.11.1738_Cahya Primadhika - Cahya Primadhika.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
Abstract
Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) merupakan salah satu alat elearning yang telah banyak digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar dan konstruksi pemahaman mereka tentang topik tertentu. Pembelajaran (LMS) yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar di konteks Institusi Pendidikan Tinggi, berdasarkan tinjauan pustaka terhadap karakteristik penyedia LMS yang dipilih. Di antara karakteristik yang dipertimbangkan adalah fleksibilitas, kemudahan penggunaan, aksesibilitas dan keramahan pengguna. Penelitian ini memberikan informasi kepada pembaca atau user dari pengguna situs web yang akan dianalisis. Pandemi virus Covid-19 pada awal tahun 2020 menyebabkan perubahan sistem pendidikan tatap muka ke sistem pendidikan daring. Berbagai jenis platform pembelajaran daring digunakan, salah satunya melalui sistem pengelolaan pembelajaran, Learning Management System (LMS). Universitas Amikom Yogyakarta telah mengembangkan materi ajar dalam LMS namun masih banyak kekurangan yang terdapat di LMS pembelajaran daring tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebergunaan (usability) sistem tersebut termasuk materi ajar. Penelitian menggunakan strategi kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan visual LMS. Data dianalisis menggunakan evaluasi heuristik dengan studi kasus pada beberapa penyelenggara pembelajaran daring. Interpretasi data diperkuat dengan perbandingan atau pengamatan dengan penyelenggara pembelajaran dalam daring. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan mayor pada materi ajar yang masih memakai elemen-elemen yang kurang tepat dan dapat menambah beban kognitif mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan salah satu pertimbangan dalam perancangan materi pembelajaran daring untuk pengguna web waskita.ac.id
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Heuristic evaluations, Learning Management System, Usability. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jun 2022 02:09 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
View Item |