ANALISIS PERBANDINGAN ANIMASI 3D METODE POSE TO POSE DAN LIVE SHOOT GERAKAN DASAR OLAHRAGA BASKET

Cahyono, Bayu (2021) ANALISIS PERBANDINGAN ANIMASI 3D METODE POSE TO POSE DAN LIVE SHOOT GERAKAN DASAR OLAHRAGA BASKET. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-19.21.1350-Bayu Cahyono.rar
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-19.21.1350-Bayu Cahyono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Pada tahap produksi film animasi 3D, proses animating merupakan proses yang membutuhkan waktu paling lama dibandingkan proses lainnya. Proses animating juga merupakan proses yang berperan besar untuk menghasilkan film animasi 3d yang baik. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses animating adalah kualitas gerak animasi yang jauh dari kesan nyata dan terlihat kaku, oleh karena itu cerita atau pesan yang terdapat dalam film animasi 3D tersebut tidak tersampaikan dengan baik kepada penontonnya. Banyak ditemukan film animasi 3D seperti itu dikarenakan kurangnya pengalaman serta pemahaman akan metode dan prinsip-prinsip dasar animasi. Penelitian ini membahas tentang metode yang merupakan salah satu dari prinsip dasar dalam pembuatan animasi 3D, yaitu metode pose to pose. Pembahasan metode tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan beberapa gerakan dasar pada olahraga bola basket pada animasi 3D dengan menggunakan objek figur 3D untuk memperagakan gerakan-gerakan dasar tersebut. serta dilakukan perbandingan antara gerakan animasi dengan dengan gerakan nyata untuk mengetahui persentase tingkat kemiripannya. perancangan animasi pada penelitian ini menggunakan aplikasi Blender yang dibuat melalui tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, pasca produksi. Dengan mengimplementasikan gerakan dasar olahraga basket dalam bentuk animasi 3D. Diharapkan melalui penelitian ini dapat memperkenalkan metode pose to pose kepada para pembaca yang sedang mempelajari topik pembuatan animasi 3D sehingga dapat menghasilkan suatu film animasi 3D dengan kualitas gerakan yang baik. Serta memberikan informasi tentang gerakan dasar dalam olahraga bola basket kepada para pemula.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, pose to pose, Blender
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:39
Last Modified: 12 Aug 2023 02:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item