Cahyono, Bayu (2021) ANALISIS PERBANDINGAN ANIMASI 3D METODE POSE TO POSE DAN LIVE SHOOT GERAKAN DASAR OLAHRAGA BASKET. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (813kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-19.21.1350-Bayu Cahyono.rar Restricted to Repository staff only Download (50MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-19.21.1350-Bayu Cahyono.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
Abstract
Pada tahap produksi film animasi 3D, proses animating merupakan proses yang membutuhkan waktu paling lama dibandingkan proses lainnya. Proses animating juga merupakan proses yang berperan besar untuk menghasilkan film animasi 3d yang baik. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses animating adalah kualitas gerak animasi yang jauh dari kesan nyata dan terlihat kaku, oleh karena itu cerita atau pesan yang terdapat dalam film animasi 3D tersebut tidak tersampaikan dengan baik kepada penontonnya. Banyak ditemukan film animasi 3D seperti itu dikarenakan kurangnya pengalaman serta pemahaman akan metode dan prinsip-prinsip dasar animasi. Penelitian ini membahas tentang metode yang merupakan salah satu dari prinsip dasar dalam pembuatan animasi 3D, yaitu metode pose to pose. Pembahasan metode tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan beberapa gerakan dasar pada olahraga bola basket pada animasi 3D dengan menggunakan objek figur 3D untuk memperagakan gerakan-gerakan dasar tersebut. serta dilakukan perbandingan antara gerakan animasi dengan dengan gerakan nyata untuk mengetahui persentase tingkat kemiripannya. perancangan animasi pada penelitian ini menggunakan aplikasi Blender yang dibuat melalui tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, pasca produksi. Dengan mengimplementasikan gerakan dasar olahraga basket dalam bentuk animasi 3D. Diharapkan melalui penelitian ini dapat memperkenalkan metode pose to pose kepada para pembaca yang sedang mempelajari topik pembuatan animasi 3D sehingga dapat menghasilkan suatu film animasi 3D dengan kualitas gerakan yang baik. Serta memberikan informasi tentang gerakan dasar dalam olahraga bola basket kepada para pemula.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, pose to pose, Blender | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jun 2022 01:39 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 02:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |