MEMBANGUN KONSTRUKSI ALAT PERANGKAT KERAS BARU DAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN PENGENALAN ISYARAT SEBAGAI PENGONTROL MEDIA INFORMASI

Yulian, Fredy (2012) MEMBANGUN KONSTRUKSI ALAT PERANGKAT KERAS BARU DAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN PENGENALAN ISYARAT SEBAGAI PENGONTROL MEDIA INFORMASI. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.02.7473 Fredy Yulian.zip
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Tugas Akhir ini berjudul ‘Membangun Konstruksi Alat Perangkat Keras Baru Dan Aplikasi Perangkat Lunak Menggunakan Pengenalan Isyarat Sebagai Pegontrol Media Informasi’. Masalah penggunaan teknologi sebagai media informasi masih dirasa belum maksimal, khususnya cara interaksi antara manusia dengan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan permasalahan dalam perancangan ini adalah bagaimana membangun konstruksi alat baru sebagai media kontrol informasi menggunakan isyarat. Tujuan perancangan ini adalah membangun teknologi tanpa sentuh (touchless), sehingga manusia dapat merasakan secara nyata dalam berinteraksi dengan komputer menggunakan anggota tubuh yaitu tangan, tanpa harus bersentuhan dengan komputer. Perancangan ini menggunakan teori-teori yang mendukung dalam terciptanya rancangan sistem hardware yang diharapkan. Mulai dari teori tentang augmented reality, visual studio, dan computer vision. Sumber teori dan data diperoleh dari beberapa buku asing dan website yang memiliki kajian ilmiah untuk mendukung dalam perancangan alat tersebut. Setelah dilakukan perancangan, terbentuklah rancangan hardware baru yang terdiri dari beberapa komponen utama yaitu kamera, komputer, dan proyektor. Alat ini dapat dioperasikan menggunakan isyarat tangan sebagai pemberi perintah, dengan kata lain komputer akan mengikuti isyarat tangan kita dalam memilih objek yang akan kita gunakan sebagai perintah. Melalui sebuah sensor kamera yang menyerupai mata robot, sensor akan mendeteksi marker yang digunakan dalam menentukan arah gerak isyarat yang akan diberikan. Marker ini adalah simbol warna yang dipakai di ujung jari tangan dan selanjutnya diterjemahkan oleh komputer sebagai pengendali isyarat.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Isyarat, Interaksi Manusia dan Komputer, Tanpa Sentuh, Augmented Reality, Visual Studio, Computer Vision, Hardware, Marker, Mata Robot
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:57
Last Modified: 29 Nov 2023 03:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

View Item View Item