PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT AL KAUTSAR (Studi Kasus: Kelas VIII SMP IT Al Kautsar Bandar Mataram Lampung Tengah)

Wiharsi, Eka Machrudi Hadi (2014) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MATERI LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT AL KAUTSAR (Studi Kasus: Kelas VIII SMP IT Al Kautsar Bandar Mataram Lampung Tengah). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.4438 Eka Machrudi Hadi Wiharsi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (104MB)

Abstract

SMP IT Al Kautsar yang berada di jalan Mandala no.2 Jatidatar Kec.Bandar Mataram Kab. Lampung Tengah mempunyai media Pembelajaran Berbantu Komputer (PBK) yang didanai oleh dana subsidi direktur pendidikan sekolah menengah Kementrian Pendidikan Nasional dalam bentuk “Subsidi Hardware dan Software TIK”. SMP IT Al Kautsar berkeinginan untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut dalam materi “Lingkungan Hidup” yang dipelajari siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS. Media pembelajaraan tersebut dibuat dalam bentuk game karena berdasarkan data yang diperoleh penulis dari kuesioner yang dibagikan kepada siswa SMP kelas VIII SMP IT Al Kautsar, diketahui 90,48% siswa menyukai game. Game yang digunakan bergenre edukasi yang mempunyai 3 level yaitu level teka-teki silang, multiple choice dan ular tangga. Pemain yang memainkan game ini akan berperan sebagai bocah petualangan bernama Al yang mempunyai sifat cinta terhadap tanah air dan ingin menyelamatkan bumi yang semakin panas dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Sang guru. Adanya game ini diharapkan dapat membantu mengembangkan bantuan yang diberikan oleh kementerian pendidikan nasional dan dapat menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game, PBK
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:24
Last Modified: 16 Nov 2023 06:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item