Sukmawan, Rama Dwi (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG BAGIAN BAGIAN TULANG PADA TUBUH MANUSIA DI KELAS 5 SD NEGERI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (615kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code 19.12.0783 Rama Dwi Sukma.mp4 Restricted to Repository staff only Download (313MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.12.0783 Rama Dwi Sukma.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
Abstract
Animasi 3D merupakan salah satu cabang multimedia dimana gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi yang dibuat untuk memudahkan visual penonton agar dapat menangkap informasi yang disampaikan dengan baik dan terlihat nyata. Konsep animasi 3D sendiri merupakan sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Media Pembelajaran merupakan alat perantara atau alat bantu yang dijadikan sebagai penyampaian pesan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Media pembelajaran untuk kelas 5 di SDN Bogo masih menggunakan media cetak berupa gambar yang terdapat pada buku paket dan belum memaksimalkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu pada bab pengenalan tulang yang di dalamnya terdapat dua materi Tulang manusia merupakan alat gerak pasif pada tubuh manusia dan kelainan tulang merupakan kelainan organ gerak pasif manuisa, Yang mana untuk materi tersebut sulit untuk dilihat secara langsung maupun di praktekan secara langsung. Pembuatan animasi 3D pengenalan bagian bagian tulang manusia berhasil dibuat dan berdasarkan hasil pengujian sebagai media di dapatkan persentase sebesar 88,86%. Keberhasilan penelitian dapat dijadikan sebagai rujukan pembuatan animasi 3D, dengan aspek teknik dan penyampaian cerita yang sekiranya paling efektif. Serta menjadi bahan pembanding untuk penelitian lainnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Media Pembelajaran, Tulang Manusia, Kelainan Tulang Manusia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jan 2023 01:42 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 03:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13962 |
Actions (login required)
View Item |