PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK APLIKASI PANDUAN WUDU SEBAGAI MEDIA MENGAJARKAN WUDU UNTUK ANAK-ANAK

Maulida, Wafaul Aisy (2022) PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK APLIKASI PANDUAN WUDU SEBAGAI MEDIA MENGAJARKAN WUDU UNTUK ANAK-ANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2195 Wafaul Aisy Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

Di Indonesia kasus konfirmasi pertama Covid-19 pada tanggal 2 Maret 2020. Pendidikan formal dan nonformal mengalami dampak dari pandemi ini, salah satunya adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). TPQ merupakan jenis pendidikan keagamaan Islam nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu mengaji, menghafal dan belajar tata cara berwudu dan shalat yang baik dan benar. Survei telah dilakukan pada tanggal 8 juni 2022, ada sebanyak 30 responden yang sudah pernah menginstal dan menggunakan aplikasi Marbel Gim Belajar Wudu, berdasarkan pengalaman pengguna didapatkan beberapa kekurangan dari aplikasi wudu yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface aplikasi panduan wudu sebagai media mengajarkan wudu yang interaktif dan efektif sehingga mudah dipahami dan lebih menarik bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD). UCD memiliki 4 tahapan yaitu Specify context of use, specify user and organisational requirements, Produce design solutions, dan Evaluate designs against user requirements. Hasil penelitian ini berupa prototype dan telah divalidasi menggunakan pengujian cognitive walkthrough.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Antarmuka Pengguna, User Centered Design, Wudu, Pengalaman Pengguna, Cognitive Walkthrough, Adobe XD
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:47
Last Modified: 29 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item