ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP MASKULINITAS PADA IKLAN HEAD AND SHOULDERS JOE TASLIM X FADIL JAIDI

Harmadika, Ignatius Arya Jalu (2022) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP MASKULINITAS PADA IKLAN HEAD AND SHOULDERS JOE TASLIM X FADIL JAIDI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan merupakan elemen yang penting dalam pemasaran suatu produk barang atau jasa. Semakin tingginya persaingan membuat iklan yang kreatif dan mudah diingat merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian khalayak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripttif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran maskulinitas laki-laki melalui aktor Joe Taslim dan Fadil Jaidi dalam iklan Head and Shoulders. Penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan teknik In Depth Interview. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling, dengan total sebanyak 5 orang informan. Untuk analisis data yang digunakan adalah metode analisis resepsi encoding dan decoding Stuart Hall. Dalam keabsahan data peneliti melakukan validitas data dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima informan menempati posisi yang berbeda-beda. Dapat disimpulkan bahwa dua dari lima informan dinyatakan dalam Dominant-Hegemonic Position, dua lainnya menempati Negotiatied Position dan yang terakhir menempati Oppositional Position.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agusta, Rivga
Uncontrolled Keywords: Iklan, Khalayak, Maskulinitas, Analisis Resepsi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:33
Last Modified: 29 Jul 2023 02:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item