Harmadika, Ignatius Arya Jalu (2022) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP MASKULINITAS PADA IKLAN HEAD AND SHOULDERS JOE TASLIM X FADIL JAIDI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (571kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (101kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Iklan merupakan elemen yang penting dalam pemasaran suatu produk barang atau jasa. Semakin tingginya persaingan membuat iklan yang kreatif dan mudah diingat merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian khalayak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripttif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran maskulinitas laki-laki melalui aktor Joe Taslim dan Fadil Jaidi dalam iklan Head and Shoulders. Penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan teknik In Depth Interview. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling, dengan total sebanyak 5 orang informan. Untuk analisis data yang digunakan adalah metode analisis resepsi encoding dan decoding Stuart Hall. Dalam keabsahan data peneliti melakukan validitas data dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima informan menempati posisi yang berbeda-beda. Dapat disimpulkan bahwa dua dari lima informan dinyatakan dalam Dominant-Hegemonic Position, dua lainnya menempati Negotiatied Position dan yang terakhir menempati Oppositional Position.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Khalayak, Maskulinitas, Analisis Resepsi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:33 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 02:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13830 |
Actions (login required)
View Item |