PEMBUATAN ANIMASI DIGITAL CUTOUT PETUALANGAN ABDAN PADA EPISODE 1 SCENE 4 SHOT 1 SCENE 6 SHOT 1 SCENE 8 SHOT 7 DAN 8

Ash Shiddiq, Hasbi (2022) PEMBUATAN ANIMASI DIGITAL CUTOUT PETUALANGAN ABDAN PADA EPISODE 1 SCENE 4 SHOT 1 SCENE 6 SHOT 1 SCENE 8 SHOT 7 DAN 8. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_18.11.2252 Hasbi Ash Shiddiq.zip
Restricted to Repository staff only

Download (191MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2252 Hasbi Ash Shiddiq.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Selama beberapa tahun kita mengenal media animasi seperti stop motion/claymation, animasi 2D, dan 3D. Tapi layaknya industri pada umumnya, animasi juga memiliki masa dan penggemarnya masing-masing, dan karena itu perkembangan akan selalu terjadi. Karena perkembangan inilah animasi cutout tercipta. Animasi cutout memiliki konsep yang unik, karena meskipun dengan tampilannya yang dua dimensi, dengan pengerjaan yang benar maka karakter akan mampu ditampilkan melalui berbagai macam sudut pandang, dan ini membuat karakter terasa seperti karakter tiga dimensi. Bukan hanya sampai di situ, cara kita menggerakkan karakter juga berbeda animasi tradisional, karena animasi ini menggunakan teknik dari tweened animation yang biasanya digunakan untuk animasi berbasis vector. Karena ini, pertanyaan pun muncul. Mulai dari apa yang terjadi ketika kita menggabungkan tiga teknik animasi yang berbeda secara fundamental? Apa saja masalah yang akan dihadapi? Apa saja kekurangan dan kelebihannya? Dan bagaimana cara mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebutlah proyek ini dilaksanakan, demi hasil yang memuaskan dan produk animasi yang layak tonton. Pada skripsi ini, penulis akan melakukan tinjauan secara analisis dengan membuat sebuah animasi menggunakan teknik cutout dengan menggunakan aplikasi animasi bernama Toon Boom Harmony. Proyek animasi ini berjudul Petualangan Abdan The Series, yang diberikan oleh MSV Studio kepada peserta magang bootcamp mereka yang keempat. Dengan proyek ini, penulis akan melakukan analisis menggunakan prinsip-prinsip dasar animasi dan beberapa buku pegangan wajib untuk animator. Penulis juga akan menjelaskan bagaimana animasi cutout dibuat, mulai dari bagaimana karakter dan objek animasi diletakkan pada satu aplikasi, apa dan bagaimana menggunakan referensi untuk animasi dan cerita, serta bagaimana Penulis melakukan analisis terhadap penerapan prinsip animasi pada media baru ini. Apakah ada metode yang sama atau tidak dari generasi yang sebelumnya atau bahkan ada metode baru khusus untuk media ini. Animasi yang dihasilkan berupa animasi singkat dengan episode pertama berdurasi lima sampai enam menit, “Animasi Petualangan Abdan The Series”. Animasi ini ditujukan kepada para calon animator tentang bagaimana rupa dari animasi cutout serta bagaimana animasi ini dibuat. Selain itu, penulis juga menganjurkan kepada para animator untuk tidak meninggalkan dasar-dasar dari menggambar terlebih lagi tradisional dan terus berlatih. Karena dasar-dasar tersebut akan sangat diperlukan dalam membuat animasi yang bagus.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi, Cut Out, Petualangan Abdan The Series, Proyek, Toon Boom Harmony, Prinsip-Prinsip Animasi, Produksi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:43
Last Modified: 29 Jul 2023 03:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13795

Actions (login required)

View Item View Item