PENGGUNAAN INSTAGRAM @VIVEOIL.ID SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PRODUK ESSENTIAL OIL YOUNG LIVING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARNESS

Destrian, Geandre (2022) PENGGUNAAN INSTAGRAM @VIVEOIL.ID SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PRODUK ESSENTIAL OIL YOUNG LIVING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARNESS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0627 Geandre Destrian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Salah satu upaya dalam strategi promosi di era saat ini yaitu dengan memanfaatkan teknologi internet media sosial khususnya Instagram. Salah satu pelaku usaha yang mulai mengembangkan pemasaran produknya dengan menggunakan Instagram adalah @viveoil.id yang yang menjual produk essential oil dengan brand Young Living. @viveoil.id didirikan pada tahun 2020 dengan memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk mempromosikan dan memperluas jangkauan produknya. Dengan adanya promosi melalui Instagram, diharapkan konsumen akan mengenal produk-produk yang dipromosikan sehingga akan terbentuk brand awareness. Jika brand awareness sudah terbentuk maka diharapkan dapat juga meningkatkan penjualan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ―Penggunaan Instagram @viveoil.id Sebagai Strategi Promosi Produk Essential Oil Young Living dalam Meningkatkan Brand Awarness.‖ Penelitian ini menggunakan teori digital marketing, media sosial Instagram, dan juga brand awareness. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan paradigma yang digunakan yaitu paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini @viveoil sudah menerapkan dua dimensi digital marketing yakni content marketing dan social media marketing. Teknik social media marketing yang sudah dilakukan meliputi online communities, interaction, sharing of content, accessibility dan credibility. Pemaksimalan fitur yang ada pada media Instagram yakni pada followers, konten, visual dan caption, selain untuk meningkatkan penjualan juga dalam rangka membangun brand awareness @viveoil.id. Beberapa hal-hal yang dilakukan @viveoil.id dalam membentuk brand awareness yaitu pada tahapan unaware of brand dengan cara membuat konten dan menyebutkan nama serta manfaat produk. Pada tahapan brand recognition dengan menggunakan logo, kemasan, harga, dan packaging yang menarik. Dalam membentuk brand recall, @viveoil.id sudah melakukan pemberian harga khusus bagi member, potongan harga atau diskon, dan juga hadiah/bonus bagi pelanggan. Pada tahapan top of mind perlu adanya kreativitas dan inovasi dalam membuat konten agar produk-produk dari brand @viveoil.id bisa berada dalam tahapan Top of Mind

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Young Living, Strategi Promosi, Digital Marketing, Instagram, Brand Awareness
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:37
Last Modified: 31 Jul 2023 03:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item View Item