PERAN VIDEO ENDORSEMENT MAKRO INFLUENCER SCARLETT WHITENING DI TIKTOK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Mardiyah, Ima Maisyatul (2022) PERAN VIDEO ENDORSEMENT MAKRO INFLUENCER SCARLETT WHITENING DI TIKTOK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.96.0267_Ima Maisyatul Mardiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Kehadiran internet membuat pemasaran sebuah produk dari bentuk konvensional mulai ditinggalkan dan beralih ke keplatform digital. Salah satu platform yang dipilih banyak brand di Indonesia untuk memasarkan produknya adalah TikTok (Kantar, 2020). Scarlett Whitening merupakan brand lokal yang memanfaatkan TikTok sebagai pemasaran produknya. Utamanya, Scarlett Whitening memanfaatkan influencer untuk mengemas iklan di TikTok dengan enam elemen menurut Rossiter dan Percy untuk meningkatkan brand awarenes. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus melihat bagaimana peran video endorsement makro influencer Scarlett Whitening di TikTok dalam membangun brand awareness. Penelitian berbentuk deskriptif kualitatif dengan paradigma kontruktivis ini menghasilkan adanya elemen heard word (wangi dan mencerahkan), Seen word (Glutathione dan Niacinamide), picture (produk yang selalu ditampilkan), Movement (gerakan memakai produk) yang selalu digunakan dalam membangun brand agar mempermudah konsumen dalam pemakaian. Elemen music dan color tetap ada, namun hanya sebagai elemen pendukung dalam mengenalkan produk dari Scarlett Whitening karena tidak memiliki ciri khas warna atau jingle musik dalam setiap endorsment. Dari empat elemen pengemasan iklan yang efektif tersebut, tingkatan brand awareness berada dalam tahapan brand recall. Karena pengemasan iklan yang dibuat influencer merupakan strategi Scarlett Whitening dalam mengingatkan konsumen terhadap produknya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: TikTok, Scarlett Whitening, Influencer, Brand Awareness
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:26
Last Modified: 31 Jul 2023 03:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item