Mardiyah, Ima Maisyatul (2022) PERAN VIDEO ENDORSEMENT MAKRO INFLUENCER SCARLETT WHITENING DI TIKTOK DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (591kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.96.0267_Ima Maisyatul Mardiyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
Abstract
Kehadiran internet membuat pemasaran sebuah produk dari bentuk konvensional mulai ditinggalkan dan beralih ke keplatform digital. Salah satu platform yang dipilih banyak brand di Indonesia untuk memasarkan produknya adalah TikTok (Kantar, 2020). Scarlett Whitening merupakan brand lokal yang memanfaatkan TikTok sebagai pemasaran produknya. Utamanya, Scarlett Whitening memanfaatkan influencer untuk mengemas iklan di TikTok dengan enam elemen menurut Rossiter dan Percy untuk meningkatkan brand awarenes. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus melihat bagaimana peran video endorsement makro influencer Scarlett Whitening di TikTok dalam membangun brand awareness. Penelitian berbentuk deskriptif kualitatif dengan paradigma kontruktivis ini menghasilkan adanya elemen heard word (wangi dan mencerahkan), Seen word (Glutathione dan Niacinamide), picture (produk yang selalu ditampilkan), Movement (gerakan memakai produk) yang selalu digunakan dalam membangun brand agar mempermudah konsumen dalam pemakaian. Elemen music dan color tetap ada, namun hanya sebagai elemen pendukung dalam mengenalkan produk dari Scarlett Whitening karena tidak memiliki ciri khas warna atau jingle musik dalam setiap endorsment. Dari empat elemen pengemasan iklan yang efektif tersebut, tingkatan brand awareness berada dalam tahapan brand recall. Karena pengemasan iklan yang dibuat influencer merupakan strategi Scarlett Whitening dalam mengingatkan konsumen terhadap produknya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Scarlett Whitening, Influencer, Brand Awareness | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:26 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13760 |
Actions (login required)
View Item |