Hanif, Fadhlurahman (2022) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI KEPALA SERVIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Deskriptif pada Service Center Panasonic Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (540kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0595 Fadhlurahman Hanif.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi vertikal kepala servis sebagai pimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan di service center Panasonic Yogyakarta. Peneliti memilih service center Panasonic sebagai lokasi penelitian karena melihat adanya penurunan kinerja yang dikarenakan masalah komunikasi antara atasan kepada bawahan. Penelitian ini menggunakan teori arus komunikasi organisasi vertikal dari Arni Muhammad yang berfokus pada pesan instruksi tugas, rasional, ideologi, informasi dan balikan atau feedback serta teori kinerja karyawan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana menjabarkan secara deskriptif berdasarkan data-data yang telah didapat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan mewawancarai tujuh orang informan yang terdiri dari satu pimpinan dan enam karyawan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dimana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan yang terakhir verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi vertikal kepala servis dalam meningkatkan kinerja karyawan berjalan baik karena pimpinan selalu menyampaikan pesan-pesan penting kepada karyawan, menanyakan proses pekerjaan, dan menjunjung tinggi nilai kedisiplinan dalam bekerja. Selain itu, kepala servis menggunakan gaya komunikasi equalitarian style yang bersifat kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Vertikal, Gaya Komunikasi Pimpinan, Kinerja Karyawan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:26 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 04:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13758 |
Actions (login required)
View Item |