Safitri, Fauziah Nuzulan Anis (2021) KOMUNIKASI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DESA GADING SANTREN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0186-Fauziah Nuzulan Anis Safitri - Fauziah Nuzulan Anis Safitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Pada saat ini proses pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring diberlakukan semenjak adanya kasus covid-19 yang menyebar luas, sehingga kebijakan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19. Pembelajaran daring menjadi suatu hal baru bagi orang tua dan anak dalam situasi pandemi seperti ini. Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari komunikasi dan peran orang tua kepada anak. Cara komunikasi orang tua akan berpengaruh terhadap cara belajar anak. Pada situasi seperti ini peran orang tua dalam berkomunikasi maupun mendampingi anak sangat penting, karena menjadi salah satu kunci dalam mengoptimalkan proses pembelajaran daring. Selain itu, bentuk komunikasi orang tua akan menjadikan suatu motivasi belajar bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa komunikasi serta peran orang tua dalam pendampingan anak selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma kritikal dimana suatu realitas sosial yang merupakan suatu sistem yang dikonstruksikan dan berada di bawah sekelompok pihak yang berkuasa. Sementara itu metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengambilan narasumber dengan cara purposive sampling. Komunikasi dan peran orang tua dalam pendampingan anak selama pembelajaran daring ini harus berjalan secara beriringan dan tidak dapat dipisahkan. Akan tetapi, dari hasil penelitian ini, komunikasi orang tua dan anak yang terjalin kurang efektif, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki orang tua. Kemudian peran orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring ini sudah intensif, namun dengan peran yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi dan Peran, Orang Tua dan Anak, Pembelajaran Daring, communication and role, parents and kids, online study | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 07:24 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:01 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1346 |
Actions (login required)
View Item |