KOMUNIKASI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DESA GADING SANTREN

Safitri, Fauziah Nuzulan Anis (2021) KOMUNIKASI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DESA GADING SANTREN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0186-Fauziah Nuzulan Anis Safitri - Fauziah Nuzulan Anis Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Pada saat ini proses pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring diberlakukan semenjak adanya kasus covid-19 yang menyebar luas, sehingga kebijakan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19. Pembelajaran daring menjadi suatu hal baru bagi orang tua dan anak dalam situasi pandemi seperti ini. Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari komunikasi dan peran orang tua kepada anak. Cara komunikasi orang tua akan berpengaruh terhadap cara belajar anak. Pada situasi seperti ini peran orang tua dalam berkomunikasi maupun mendampingi anak sangat penting, karena menjadi salah satu kunci dalam mengoptimalkan proses pembelajaran daring. Selain itu, bentuk komunikasi orang tua akan menjadikan suatu motivasi belajar bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa komunikasi serta peran orang tua dalam pendampingan anak selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma kritikal dimana suatu realitas sosial yang merupakan suatu sistem yang dikonstruksikan dan berada di bawah sekelompok pihak yang berkuasa. Sementara itu metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengambilan narasumber dengan cara purposive sampling. Komunikasi dan peran orang tua dalam pendampingan anak selama pembelajaran daring ini harus berjalan secara beriringan dan tidak dapat dipisahkan. Akan tetapi, dari hasil penelitian ini, komunikasi orang tua dan anak yang terjalin kurang efektif, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki orang tua. Kemudian peran orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring ini sudah intensif, namun dengan peran yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Natalia, Wahyu Kristian
Uncontrolled Keywords: Komunikasi dan Peran, Orang Tua dan Anak, Pembelajaran Daring, communication and role, parents and kids, online study
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:24
Last Modified: 12 Aug 2023 04:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item