MEMBUAT APLIKASI PENGETAHUAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA BERBASIS ANDROID

Pratomo, Sobat (2014) MEMBUAT APLIKASI PENGETAHUAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.3536 Sobat Pratomo.zip
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Di era yang semakin modern sekarang ini, perangkat mobile berkembang sangat pesat diiringi meningkatnya jumlah aplikasinya. Salah satu manfaat dari kemudahan teknologi itu yaitu sebagai media pembelajaran pengetahuan budaya wayang kulit yang sekarang ini sudah mulai dilupakan oleh anak bangsa. Walaupun kita bisa mendapat informasi dan pengetahuan budaya melalui berbagai media seperti buku, internet, atau tokoh budaya, tetapi media tersebut dirasakan kurang efektif dan menarik bagi kehidupan sekarang ini. Maka dari itu diperlukan sebuah media yang tepat pada saat ini yaitu melalui teknologi aplikasi mobile android. Aplikasi ini akan membahas informasi dan pengetahuan wayang kulit jawa seperti nama wayang, gambar wayang, asal-usul, karakter, silsilah keluarga, nilainilai kemanusiaan yang dapat kita terapkan serta info penting lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan soal-soal dasar untuk mengukur pengetahuan kita akan tokoh wayang kulit tersebut. Kesemuanya itu dirangkum dalam sebuah aplikasi mobile android yang dibuat dengan software eclipse. Selain itu juga tersedia web server apabila admin akan meng-update data yang ada di dalam aplikasi. Dari pembuatan aplikasi ini diharapkan akan mempermudah kita dalam mendapatkan informasi tentang pewayangan jawa sekaligus akan selalu mengingatkan kita akan budaya bangsa indonesia yang perlu dilestarikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pengetahuan Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Budaya Jawa
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:56
Last Modified: 15 Nov 2023 07:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item