PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA KAGANGA REJANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 02 CENTRE CURUP BERBASIS MULTIMEDIA

Wijanarko, Andang (2013) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA KAGANGA REJANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 02 CENTRE CURUP BERBASIS MULTIMEDIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (977kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.12.5201 Andang Wijanarko.zip
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

Aksara Kaganga Rejang merupakan salah satu peninggalan budaya Kabupaten Rejang Lebong. Upaya pelestarian aksara Kaganga Rejang ini telah diupayakan oleh pemerintah daerah kabupaten Rejang Lebong dengan memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan, khususnya untuk semua sekolah dasar di kabupaten Rejang Lebong. Di dunia pendidikan banyak dijumpai suatu metode pembelajaran yang menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Media pembelajaran aksara Kaganga Rejang yang selama ini digunakan di SD Negeri 02 Centre Curup memang sudah menggunakan teknologi komputer. Namun metode pembelajarannya masih sederhana dan kurang menarik. Karena hanya menampilkan pembelajaran huruf Kaganga Rejang dengan aplikasi Microsoft Word serta Microsoft Power Point yang dibuat oleh guru bidang studi. Untuk mendapatkan aplikasi yang berkualitas, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka. Dengan aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa, membantu keefektifan proses pembelajaran, menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran, memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau yang diberikan, pembelajaran menjadi lebih menarik, membawa kesegaran dan variasi baru bagi pengalaman belajar siswa sehingga siswa tidak bosan dan tidak bersikap pasif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Aksara Kaganga, Media Pembelajaran, Multimedia, Adobe Flash CS 5, Adobe Illustrator CS5, Adobe Photoshop CS5. Adobe Audition 3.0
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Dec 2022 04:08
Last Modified: 12 Oct 2023 06:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item