Wijanarko, Andang (2013) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA KAGANGA REJANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 02 CENTRE CURUP BERBASIS MULTIMEDIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (977kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.12.5201 Andang Wijanarko.zip Restricted to Repository staff only Download (66MB) |
Abstract
Aksara Kaganga Rejang merupakan salah satu peninggalan budaya Kabupaten Rejang Lebong. Upaya pelestarian aksara Kaganga Rejang ini telah diupayakan oleh pemerintah daerah kabupaten Rejang Lebong dengan memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan, khususnya untuk semua sekolah dasar di kabupaten Rejang Lebong. Di dunia pendidikan banyak dijumpai suatu metode pembelajaran yang menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Media pembelajaran aksara Kaganga Rejang yang selama ini digunakan di SD Negeri 02 Centre Curup memang sudah menggunakan teknologi komputer. Namun metode pembelajarannya masih sederhana dan kurang menarik. Karena hanya menampilkan pembelajaran huruf Kaganga Rejang dengan aplikasi Microsoft Word serta Microsoft Power Point yang dibuat oleh guru bidang studi. Untuk mendapatkan aplikasi yang berkualitas, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka. Dengan aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa, membantu keefektifan proses pembelajaran, menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran, memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau yang diberikan, pembelajaran menjadi lebih menarik, membawa kesegaran dan variasi baru bagi pengalaman belajar siswa sehingga siswa tidak bosan dan tidak bersikap pasif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aksara Kaganga, Media Pembelajaran, Multimedia, Adobe Flash CS 5, Adobe Illustrator CS5, Adobe Photoshop CS5. Adobe Audition 3.0 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Dec 2022 04:08 | ||
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13100 |
Actions (login required)
View Item |