BROSUR INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK FURNITURE PT.OTA INDONESIA

Prasetyo, Septian Adi (2014) BROSUR INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK FURNITURE PT.OTA INDONESIA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.01.2625 Septian Adi Prasetyo.zip
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Pertumbuhan teknologi yang kian pesat di era modern seperti ini, membuat fungsi dari teknologi itu sendiri semakin luas dan beragam. Saat ini, banyak literatur-literatur yang menunjukkan kemungkinan penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai media promosi.Para pelaku usaha belum menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi dalam media promosi untuk usaha mereka. Padahal peranan teknologi dalam media promosi yang berbeda dengan kompetitor lainnya. Pada penulisan proyek Tugas Akhir ini , penulis ingin memanfaatkan keunggulan Augmented Reality (AR) untuk membantu memvisualisasikan objek 3D pada marker melalui pencitraan virtual, sehingga konsumen akan semakin mengerti secara lebih detail mengenai produk furniture yang sedang tawarkan oleh PT.OTA.INDONESIA Walaupun Augmented Reality (AR) bukan teknologi baru. Aplikasi ini menggunakan media brosur yang telah diberi marker sebagai alat peraga yang diidentifikasi menggunakan kamera webcam untuk memunculkan sebuah objek 3D melalui layar monitor. Dari serangkaian penelitian dan implementasi dalam pembuatan brosur berteknologi Augmented Reality tersebut, maka penyampaian informasi tentang produk furniture kepada konsumen menjadi komunikatif dan lebih kreatif dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan software Google SketchUp Pro 8 untuk membuat 3D , software library ARToolKit untuk membangun Augmented Reality, dan adobe Photoshop CS3 dalam penyempurnaan brosur.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Media Promosi, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Dec 2022 03:34
Last Modified: 23 Nov 2023 06:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item