KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Provider Tri)

Sulistiyanto, Yulius (2021) KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Provider Tri). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17960087-Yulius Sulistiyanto - Yulius Sulistiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Representasi perempuan dalam periklanan selalu menjadi topik pembicaraan atau diskusi yang sering terjadi. Setiap pengiklan selalu menggunakan subjek wanita dengan stereotip yang tidak pantas dengan merendahkan kaum perempuan. tetapi tidak dengan Iklan provider Tri (3) dimana Iklan yang lain merendahkan tiap kaum wanita dalam iklan provider Tri (3) pengguna tokoh perempuan dengan mengangkat krisik isu sosial tentang kesetaraan gender sebuah bentuk ide kreatif yang bagus dimana sebagai pengingat bahwa hal mengenai kesetaraan gender masih sering terjadi di masyarakat hingga saat ini. Dengan menggunakan metode analisis Roland Barthes karya analisis ini mencari makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dan menganalisis setiap scene, narasi pada Iklan dan mencari makna pesan kesetaraan gender yang terdapat pada iklan Provider Tri (3). dengan studi deskriptif kualitatif dan analisis Semiotika bertujuan menjelaskan fenomena dengan sedalamdalamnya. Dengan menggunakan paradigma konstruktivis dengan tujuan yaitu menghubungkan dan mengaitkan pembelajaran dengan pemahaman yang telah dimiliki sehingga pengetahuan tersebut dapat dikembangkan untuk menganalisis makna tanda-tanda yang terkait pesan kesetaraan gender. Hasil temuan ini menemukan bahwa iklan Provider Tri (3) dengan judul “Bebas kini semakin nyata” versi perempuan memuat makna feminisme dalam kesetaraan gender terdapat pesan-pesan kesetaraan gender yang dialami perempuan dengan menampilkan beberapa adegan seorang wanita yang terkekang oleh ketidak bebasan dalam berekspresi maupun batasan ruang gerak perempuan dalam mencari pekerjaan upaya mendapatkan hak yang sama dengan kaum laki laki dalam hal kebebasan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asrita, Stara
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Analisis Semiotika, Roland Barthes, Iklan Provider Tri
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:41
Last Modified: 12 Aug 2023 04:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item