ANALISIS DAN PEMBUATAN TEXTURE MAPS PADA 3D MODELING ENVIRONMENT DALAM GAME ROBOT INVASION MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE

Pratama, Fadhil Setyo (2015) ANALISIS DAN PEMBUATAN TEXTURE MAPS PADA 3D MODELING ENVIRONMENT DALAM GAME ROBOT INVASION MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.11.5129 Fadhil Setyo Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (170MB)

Abstract

Unreal Engine adalah salah satu software pembuatan game 3D yang memiliki graphic cukup baik. Software ini sangat cocok bagi 3D game design untuk menerapkan permodelan 3D environment. Pembuatan 3D environment memiliki proses dan syarat yang harus diperhatikan dalam membuatnya guna memenuhi syarat untuk diterapkan ke dalam Unreal Engine. Penelitian ini dibuat untuk memahami proses pembuatan 3D environmet dan texture maps pada game ‘Robot Invasion’ menggunakan Unreal Engine. Didahului dengan observasi lalu menerapkannya ke dalam bentuk 3D low-poly menggunakan Maya, pembukaan Uv untuk texturing dan high-poly untuk memberi efek timbul atau kerusakan lalu memanupalasikan dalam bentuk 2D berupa Normal maps. Diffuse maps sebagai dasar warna untuk penggambaran kompleks dari inti texture game menggunakan Photoshop CC. Specular maps dapat memancarkan efek cahaya dalam bentuk texture yang memberikan kesan realistis. Kemudian permodelan dan texture maps akan diterapkan ke dalam game engine menggunakan Unreal Engine. Hasil dari penelitian yaitu mampu menerapkan proses pembuatan 3D modeling environment dan texture map guna meningkatkan kualitas tampilan game terutama pada obyek 3D Model dan texture map dengan baik dari contoh game Robot Invasion menggunakan Unreal Engine.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: 3D, Modeling, Texture Map, 3D Environment, 3D Game Artist, Unreal Engine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:35
Last Modified: 20 Nov 2023 01:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item