APLIKASI SIMULASI ALAT BANTU UNTUK PENENTUAN RUTE PENJEMPUTAN PADA PERUSAHAAN TRAVEL

Anindianingrum, Astri Reza (2015) APLIKASI SIMULASI ALAT BANTU UNTUK PENENTUAN RUTE PENJEMPUTAN PADA PERUSAHAAN TRAVEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source code_11.11.5685 Astri Reza Anindianingrum.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Travel adalah salah satu sarana transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berpergian dari suatu daerah ke daerah lain melalui jalur darat. Transportasi ini dianggap alternatif terbaik bagi sebagian masyarakat untuk membantu menuju daerah tujuan, terutama bagi yang tidak mempunyai kendaraan pribadi atau bagi yang tidak mampu untuk melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan peribadi, semisal menggunakan sepeda motor. Proses penjemputan penumpang pada perusahaan travel saat ini masih hanya menggunakan pemahaman sopir tentang wilayah-wilayah tempat tinggal penumpang tanpa meentukan jalur tercepat secara langsung untuk melakukan penjemputan penumpang. Hal ini membuat penjemputan penumpang mengalami keterlambatan dan dianggap kurang efesien. Kini sopir travel dapat melakukan penjemputan penumpang ke tempat tujuan melalui rute tercepat dengan menggunakan aplikasi penentuan rute tercepat. Pada Skripsi ini penulis mencoba membuat aplikasi simulasi alat bantu penentuan rute penjemputan penumpang menggunakan algoritma dijkstra yang dapat menemukan jalur tercepat dengan acuhan waktu tempuh tempuh perjalanan yang masih bersifat offline. Adapun penggunaan algoritma Dijkstra karena algoritma ini dipastikan menemukan solusi terbaik dan memiliki kopleksitas yang lebih sedikit. Pada pengembangan aplikasi simulasi ini penulis menggunakan framework Code Igniter (CI) untuk membuat kode program. Sistem ini memberikan keluaran berupa urutan penjemputan dan pengntaran penumpang bermaksud merancang sebuah aplikasi simulasi penentuan jalur terpendek untuk pelayanan agen travel dengan menggunakan algoritma djikstra yang dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang tepat dalam pelayanan agen travel serta membantu sopir travel dalam menentukan waktu tercepat ketika melakukan penjemputan dan pengantaran penumpang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Sudarmawan
Uncontrolled Keywords: Penumpang, Travel, Penjemputan, Rute Tercepat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Dec 2022 02:50
Last Modified: 21 Nov 2023 07:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12655

Actions (login required)

View Item View Item