IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DI BAGIAN HUMAS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Muktamar, Burhan Alfironi (2013) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DI BAGIAN HUMAS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.3697 Burhan Alfironi Muktamar.zip
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

Data mining adalah sebuah proses pencarian pola baru dengan cara menyaring data dalam kuantitas yang besar. Pencarian pola data mining menggunakan teknologi pola pengenalan yang serupa dengan teknik statistik dan teknik matematika. Pola yang ditemukan diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk menghasilkan keuntungan ekonomis, efektifitas dan efisiensi. Salah satu metode dalam data mining adalah Naive Bayes Classifier yang merupakan teknik data mining yang memiliki kemampuan klasifikasi. Algoritma naive bayes classifier dapat digunakan untuk memprediksi minat studi berdasarkan bukti-bukti yang diberikan. Algoritma Naive Bayes Classifier merupakan salah satu metode data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi data mining yang dibangun menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier yang dapat memberikan informasi penting berupa hasil prediksi minat studi calon mahasiswa yang bisa digunakan untuk membantu Team Marketing STMIK AMIKOM Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data pendaftaran mahasiswa tahun sebelumnya. Dari hasil prediksi yang didapat, diharapkan dapat membantu sebagai pendukung strategi pemasaran sehingga berdampak pada efektifitas dan efisiensi marketing serta peningkatan jumlah mahasiswa baru yang mendaftar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Naive Bayes Classifier, Prediksi Minat Studi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:06
Last Modified: 13 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item