Muktamar, Burhan Alfironi (2013) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DI BAGIAN HUMAS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (923kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.3697 Burhan Alfironi Muktamar.zip Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
Abstract
Data mining adalah sebuah proses pencarian pola baru dengan cara menyaring data dalam kuantitas yang besar. Pencarian pola data mining menggunakan teknologi pola pengenalan yang serupa dengan teknik statistik dan teknik matematika. Pola yang ditemukan diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk menghasilkan keuntungan ekonomis, efektifitas dan efisiensi. Salah satu metode dalam data mining adalah Naive Bayes Classifier yang merupakan teknik data mining yang memiliki kemampuan klasifikasi. Algoritma naive bayes classifier dapat digunakan untuk memprediksi minat studi berdasarkan bukti-bukti yang diberikan. Algoritma Naive Bayes Classifier merupakan salah satu metode data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi data mining yang dibangun menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier yang dapat memberikan informasi penting berupa hasil prediksi minat studi calon mahasiswa yang bisa digunakan untuk membantu Team Marketing STMIK AMIKOM Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data pendaftaran mahasiswa tahun sebelumnya. Dari hasil prediksi yang didapat, diharapkan dapat membantu sebagai pendukung strategi pemasaran sehingga berdampak pada efektifitas dan efisiensi marketing serta peningkatan jumlah mahasiswa baru yang mendaftar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Naive Bayes Classifier, Prediksi Minat Studi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Dec 2022 06:06 | ||
Last Modified: | 13 Nov 2023 07:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12560 |
Actions (login required)
View Item |