EVALUASI DAN PERBAIKAN USER EXPERIENCE DENGAN KOMBINASI METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN HEURISTIC EVALUATION PADA JOGJA BELAJAR

Riandista, Benedicta Kristi (2021) EVALUASI DAN PERBAIKAN USER EXPERIENCE DENGAN KOMBINASI METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN HEURISTIC EVALUATION PADA JOGJA BELAJAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1215-Benedicta Kristi Riandista - Benedicta Kristi Riandista.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1215-Benedicta Kristi Riandista - Benedicta Kristi Riandista.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

E-Learning merupakan salah satu sarana penyampaian materi pelajaran yang cukup efektif pada masa saat ini. Terlebih dunia sedang mengalami pandemi Novel Coronavirus yang menyebabkan rutinitas seperti belajar dan bekerja harus dilakukan dirumah. Dengan adanya E-learning dapat mempermudah interaksi antara pengajar dan peserta didik. Jogja Belajar Class merupakan salah satu bentuk dukungan untuk mewujudkan kota Yogyakarta sebagai Cyber Province pada bidang pendidikan. Agar terwujudnya visi Jogja Belajar sebagai pusat pendidikan berbasis teknologi dan komunikasi terkemuka di Indonesia tahun 2025 maka dilakukan evaluasi usability untuk memaksimalkan kinerja E-learning Jogja Belajar Class. Dalam penelitian ini, penulis menjadikan E-Learning Jogja Belajar pada layanan Jogja Belajar Class sebagai objek penelitian untuk di evaluasi usability yang berfokus pada permasalahan user experience. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengkombinasikan metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation. Sedangkan pendekatan Design Thinking digunakan untuk proses tahap perancangan desain solusi yang merupakan rekomendasi dari pengguna. Metode System Usability Scale digunakan untuk menemukan dan menilai permasalahan Usability berdasarkan prinsip usability dari sisi end-user dan berfokus kepada penilaian kinerja sistem. Sedangkan metode Heuristic Evaluation digunakan untuk menilai usability berdasarkan review expert dan berfokus kepada estetika produk dan fungsionalitas atribut. Pada penelitian ini didapatkan peningkatan skor usability sebesar 27.08% pada metode system usability scale dan 62.86% pada metode heuristic evaluation dari hasil perbandingan skor usability e-learning Jogja Belajar Class dengan skor usability desain solusi, yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna melalui proses design thinking.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: pengalaman pengguna, keberdayagunaan, design thinking, user interface, user experience, usability, user centered design
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:59
Last Modified: 10 Aug 2023 06:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item