PEMBUATAN GAME 3 DIMENSI “BAMBU RUNCING” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE

Ridhanto, Yordan Agil (2015) PEMBUATAN GAME 3 DIMENSI “BAMBU RUNCING” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.4623 Yordan Agil Ridhanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)

Abstract

Perkembangan teknologi sudah menjadi suatu titik pusat perhatian di kalangan masyarakat umum, berbagai usia mulai dari yang paling muda sampai tua pun dapat menerima dan mengoperasikan suatu perkembangan ini. Namun hal tersebut tidak akan efektif jika tidak dimanfaatkan dengan baik, karena akan ada banyak hal yang terlupakan, salah satu nya sejarah perkembangan Indonesia. Masyarakat saat ini memiliki kecenderungan untuk menggunakan teknologi sebagai video permainan dalam mengisi waktu luang mereka daripada mempelajari sejarah. Ketika video permainan tersebut sudah menjadi pegangan mereka sehari-hari, hal ini akan menjadi suatu dampak yang negatif khususnya bagi para remaja dan anak-anak. Kasus tersebut merupakan tantangan bagi peneliti sekaligus pengembang game untuk mengembangkan permainan agar video permainan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan, literatur, dan eksperimental lalu peneliti menggunakan analisis SWOT untuk mencari perbandingan dengan game lain, setelah itu analisis kelayakan dan kebutuhan. Setelah itu, peneliti merancang kebutuhan dari video permainan ini seperti cerita, jenis permainan, aturan main, perancangan grafis dan storyboard untuk game “Bambu Runcing”. Software aplikasi yang diperlukan dalam perancangan ini adalah Unity 4.2, Autodesk Maya 2013, Adobe Photoshop CS6, Audacity dan Garageband. Setelah itu peneliti membutuhkan pengujian dari para responden untuk mengetahui kekurangan yang ada pada game bergenre sudut pandang orang pertama ini. Setelah dilakukan pengujian, dari hasil tersebut rata-rata responden mengaku cukup baik dengan pengembangan game “Bambu Runcing” ini dalam sisi fungsional maupun antarmuka nya. Dari hasil tersebut diharapkan agar pembaca dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan game ini serta diharapkan agar dapat memberikan inspirasi bagi para pengembang game lainnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Unity, Video Permainan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:41
Last Modified: 14 Nov 2023 07:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item View Item